by

Sekda Lobar: JPS Covid-19, Solusi Ekonomi Masyarakat”

Lombok Barat, SuaraGiriMenang.com – Lounching Jaring Pengaman Sosial (JPS) Covid-19 Lombok Barat berlangsung lancar di Aula Kantor Desa Kuripan. Puluhan warga menerima paket bingkisan yang berisi sembako. Jumat, 01/05/2020.

Kegiatan lounching tersebut dihadiri sejumlah penjabat Lombok Barat. Hadir Sekda Lombok Barat H. Baehaqi, Asisten II Lombok Barat Hj. Lale Prayatni. Dan perwakilan dari Dinas Sosial. Selain itu hadir juga Camat Kuripan H. Banu Harli, Kades Kuripan Hasbi dan Ketua Bumdes Kuripan Mandiri Lalu Okto M. Sabdi .

Sebanyak 5 orang menerima paket Bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS) berupa sembako, sebagai simbolis perwakilan warga dalam acara lounching Bantuan Jaring Pengaman Sosial Covid-19 Lombok Barat.

Dalam sambutanya sekda Lombok Barat menyampaikan. Program Bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS) ini merupakan bagian dari kepedulian pemerintah sebagai wujud pencegahan covid-19, dimana dengan adanya wabah ini kata sekda banyak masyarakat yang terdampak ekonominya.

“Dengan wabah Corona ini banyak masyarakat yang terdampak ekonominya karena pembatasan aktifitas dari pemerintah, karena itu adalah bagian dari solusi dan pencegahan”. Jelasnya.

Untuk Bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS) ini kata Sekda. Kenapa diberikan dalam bentuk sembako? Karena bila dalam bentuk uang dikhawatirkan salah digunakan.

“Sembako dengan harga Rp.250.000 ini kenapa tidak diberikan uang? Kita khawatirkan nanti salah digunakan, bisa saja beli paket pulsa, beli rokok dan lainya, sehingga habis”, tuturnya.

Selain itu, dalam kesempatan tersebut Baehaqi menghimbau agar masyarakat taat kepada himbauan pemerintah terkait wabah Corona. Ia menjelaskan untuk memotong rantai penyebaran covid-19 perlu dilakukan protokoler kesehatan oleh masyarakat.

” Saya himbau kepada Bapak Ibu sekalian untuk tetap mengikuti standar protokoler kesehatan sebagai bentuk pencegahan, seperti menggunakan masker, mencuci tangan dan sementara waktu sholat berjamaah dirumah “pintanya.

Sementara itu Ketua Badan Usaha Milik Desa (Bumdes Kuripan Mandiri) Lalu Okto M Sabdi mengayakan, paket Bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS) yang diterima masyarakat berisi sejumlah bahan pokok.

” Jadi setiap warga dalam paket sembakonya berisi 15 Kg beras, 1 Kg gula, 1 Kg minyak, 1 Terai telur dan 1 buah masker “, kata Okto

Masyarakat akan mendapatkan paket tersebut selama 3 bulan, terhitung dari bulan April hingga Juni. Dengan persyaratan pengambilan foto copy kartu JPS, foto copy KK dan foto copy KTP.

Untuk data, Okto menjelaskan, langsung di distribusi dari Dinas Sosial, setelah di faktual kemudian kembali ke desa dan sebagai acuan distribusi Bumdes ke masyarakat.

“Hingga saat ini Desa Kuripan mendapatkan jatah 261 KK dari data awal 223 KK , kemudian difaktual menjadi 209 dan data terakhir yang kami terima beserta kartu dari dinas sosial Lombok Barat sebanyak 261 orang”, jelasnya. (Abd)

News Feed