Ingintau Bantuan Apasaja untuk Penanganan Covid-19 di NTB ? Berikut Informasinya

Berita Utama1130 Views

SuaraGiriMenang.com – Sejak mewabahnya Covid-19 di Indonesia bahkan saat ini menjangkiti Nusa Tenggara Barat. Pemerintah Pusat dan Daerah menggelontorkan beberapa bantuan untuk penanganan dampak corona. Dan berikut jenis bantuan social dampak Covid-19 di NTB yang perlu anda ketahui :

  1. PKH adalah program keluarga harapan, bentuknya uang tunai langsung masuk rekening masing-masing. Kriteria keluarga penerima manfaat PKH adalah keluarga miskin yang memenuhi minimal satu syarat , seperti ibu hamil atau menyusui,memiliki anak berusia 0 hingga 5 tahun 11 bulan.
  2. BPNT Sembako (dulu namanya Raskin) adalah Bantuan Pangan Non Tunai, bentuknya berupa Bahan Makanan yang disalurkan melalui Kios Desa yang ditentukan oleh bank Mandiri kerjasama TKSK kecamatan.
  3. BST Kemensos, Bantuan Sosial Tunai ( BST) bagi masyarakat terdampak Covid-19 bagi masyarakat yang ada di luar Jabodetabek yang berlangsung selam 3 bulan bagi masyarakat yang ada dalam DTKS ataupun tidak. Bantuan I dari Bank Himbara ( BNI,BRI) dan tahap II melalui PT.Pos Indonesia.
  4. BLT Dana Desa adalah Bantuan Tunai dari Desa Masing-masing,(ingat bukan untuk kelurahan ya tapi desa). Besarannya 600 ribu per bulan direncanakan selama 3 bulan. Nah BLT dari Dana Desa biasanya perlakuannya ada 3 :
    I. Bagi Desa yg belum Cair Dana Desa Tahap I, maka diprioritaskan untuk BLT Covid 19.
    II. Bagi desa yg telah cair Dana Desa Tahap I, namun belum habis dibelanjakan, maka diprioritaskan untuk BLT Covid 19
    III. Bagi desa yg telah cair Dana Desa Tahap I dan telah habis dibelanjakan, maka segera bermohon Tahap II diprioritaskan untuk BLT Covid 19.

Pertanyaan, siapa yg dibantu BLT Dana Desa?
Jawab: adalah warga desa yg penghasilannya terdampak Covid 19 dan bagi warga Desa yang rentan sakit, atau sakit menahun. Dengan demikian ada Desa lebih duluan yang memberi bantuan, ada juga terlambat beri bantuan, karena prosesnya tadi diatas itu Tahap I, Tahap II.

  1. JPS Provinsi, salah satu program jaminan pengaman social yang diberikan kepada masyarakat terdampak Covid-19 dengan memberdayakan produk local IKM dan UMKM di NTB berupa seombako.
  2. JPS Kabupaten / Kota. Salah satu program jaringan pengaman social yang diberikan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 berupa sembako, bantuan ini mengcover masyarakat yang tidak mendapatkan JPS dari Provinsi.
    Kesimpulanya adalah, banyak bantuan yang digelontorkan oleh pemerintah untuk membantu warga yang terdampak oleh Covid-19. Karena itu bagi masyarakat yang belum mendapatkan bantuan atau belum tercatat di bantuan Dana Desa, untuk menunggu pendatan selanjutnya dari petugas Desa dengan program lainya seperti yang tertera di atas. Namun perlu kiranya juga untuk aktif bertanya kepada perangkat Desa seperti RT,Kepala Dusun dan Kepala Desa terkait bantuan. Karena program social ini secara masiv dilakukan diseluruh Indonesia. (Abd)

Baca Juga:  Dukcapil Lombok Barat Gelar Pertemuan Terkait Adminduk

Leave a Reply

Your email address will not be published.