by

Masyarakat Lobar Dirumah saja Hari ini Tempat Wisata Tidak Dibuka

Lombok Barat.SuaraGiriMenang.com-Perayaan Lebaran Topat setelah H+7 Hari Raya Idul Fitri sudah menjadi tradisi masyarakat Lombok Barat untuk pergi rekreasi bersama keluarga ke tempat-tempat wisata. Tetapi dengan kondisi penyebaran Covid-19 yang terus meningkat saat ini, Tim Satgas Bersama Pencegahan Covid-19 langsung turun melakukan monitoring ke tempat Wisata. Minggu, 31/05/2020.

Untuk mengantisipasi warga yang akan mendatangi tempat wisata pada hari lebaran Topat ini. Terpantau Tim Satgas Bersama Pencegahan Covid-19 Kabupaten Lombok Barat melakukan pengecekan ke beberapa obyek wisata. Seperti yang dilakukan Tim IV yang di Koordinatori oleh Asisten II Setda Lombok Barat, langsung memantau obyek Wisata Kecamatan Kuripan, salah satunya Wisata Gunung Sasak. Selain itu, Tim tersebut juga akan memantau obyek wisata yang ada di wilayah Kecamatan Kediri dan Labuapi.

Menurut Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan statistik (Diskominfo tik) Lombok Barat Ahmad Legiarto yang mengetuai rombongan mengungkapkan. Kegiatan ini dalam rangka menghimbau masyarakat agar tetap berada dirumah dan mengikuti anjuran pemerintah karena korban Terpapar Covid-19 di Lombok Barat terus bertambah.

” Kami berharap masyarakat sadar untuk tidak berwisata hari ini, karena semua tempat wisata di Lombok Barat hari ini juga ditutup. Tetap mengikuti protokoler kesehatan seperti sosial distanching untuk mencegah mewabahnya Virus Corona ini. Karena kita tau beberapa Minggu ini orang yang positif Corona di Lombok Barat terus bertambah ” ujarnya.

Ahad menambahkan, agar pintu gerbang destinasi wisata hari ini dilakukan pencagaan hingga sore hari , karena ia memprediksi akan terjadi keramaian pada saat sore hari

” Saya minta kepada aparat Desa ya mungkin bergantian stanby di pintu masuk wisata. Karena kita menghawatirkan akan banyak warga yang mengunjungi tempat wisata ini sore hari” tuturnya

Disisi lain, hal tersebut juga sesuai dengan himbauan yang disampaikam Kepala Dinas Pariwisata Lombok Barat H. Saeful Ahkam sebelumnya . Bahwa hari ini (lebaran Topat) semua tempat wisata ditutup untuk pencegahan penyebaran Covid-19.

“Ada beberapa titik obyek wisata yang sudah kita identifikasi, baik itu yang dikelola untuk publik, baik oleh pemerintah maupun swasta dan perorangan. Pemkab Lombok Barat sudah minta agar para Kepala Desa, Pokdarwis dan pengelola untuk menutup tempat wisatanya,” tegas Ahkam.

Sementara itu, Kepala Desa Kuripan Hasbi mengaku bahwa penutupan tempat wisata Gunung Sasak sudah dilakukan jauh hari sebelumnya .

“Alhamdulillah begitu ada himbauan dari Dinas Pariwisata Lombok Barat. Kami bersama Pokdarwis dan Tim Satgas langsung menutup area wisata yang kami miliki. Yakni Gunung Sasak dan Jembatan Pelangi” terang hasbi.

Selain itu, hari ini secara bersamaan ada 4 Tim Satgas Pencegahan Bersama Covid-19 Lombok Barat mengecek lokasi wisata yang ada. Dimana Tim I langsung dikoordinatori oleh Buapti Lombok Barat untuk wilayah Kecamatan Narmada. Tim II dikoordinatori oleh Sekretaris Daerah untuk wilayah Kecamatan Batu Layat dan Gunung Sari. Tim III dikoordinatori oleh Asisten I Setda dengan wilayah Kecamatan Gerung, Lembar dan Sekotong. Dan Tim ke IV yang di Koordinator oleh Asisten II Setda untuk wilayah Kecamatan Kuripan, Labuapi dan Kediri.

(Abd)

News Feed