by

Tahap II, Penerima JPS Mantap Lobar Bertambah 15.000 KK

Lombok Barat, SuaraGiriMenang.com – Penyaluran sembako Program Jaring Pengaman Sosial (JPS) Mantap Lombok Barat tahap II akan diberikan dalam waktu dekat. Tambahan penerima di tahap ini sebanyak 15.000 KK. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Sosial Lombok Barat Lalu Martajaya diruang kerjanya Jumat, (5/5/2020)

Dari evaluasi tahap pertama. Dinas sosial Lombok Barat memperbaharui data dengan melakukan verifikasi dan validasi (verval) di semua Desa untuk nama serta usulan di tahap kedua.

“Alhamdulillah verval sudah kami lakukan bekerjasama dengan Desa. Dan pergantian untuk tahap kedua sudah clear. Dari desa sudah menyerahkan data masing masing, mudah mudahan lebih soft dan ya.. tidak ada persoalan seperti tahap pertama. ” Kata Kadis Sosial.

Sementara itu, untuk penyaluran di tahap II nanti. Lalu Martajaya menegaskan akan ada monitoring bersama Tim sebelum penyaluran dilakukan. Dimana Tim tersebut akan melibatkan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) , Inspektorat, TNI,Polri dan Dinas Sosial Lombok Barat untuk mengecek langsung standar kualitas produk yang akan di distribusi ke masyarakat.

“Untuk tahap II ini kita evaluasi dan membuat standar produk yang akan disalurkan. Kita minta Bumdes untuk menyiapkan barangya sesuai dengan spesifikasi yang kita berikan dari kewajaran harga, sisi kualiatas,mutu, seperti telur size besar, gula , misalnya minyak harus kemasan, masker kain kita pake dua lapis jelas disitu semuanya dan bila ditemukan barangya tidak standar maka penyaluran bisa ditunda untuk menyesuaikan standar yang diminta” Tegasnya

Selain kualitas sembako, Dinas Sosial Juga akan mengubah pola pendistribusian dan warna kartu. Martajaya menjelaskan untuk pendistribusian kartu akan satu pintu. Yakni dari Dinas Sosial langsung ke Desa masing masing. Sementara untuk warna kartu dari warna sebelumnya kuning hijau akan dirubah menjadi warna merah putih.

Selanjutnya untuk data penyaluran tahap II Pemerintah Lombok Barat memberikan tambahan kuota kepada seluruh Desa yang ada di Lombok Barat sebanyak 15.000 Kepala Keluarga (KK) yang masuk melalui usulan dan verval masing masing Desa. Sehingga jumlah penerima Program JPS mantap tahap II yang ditambah dengan Data tahap I sebanyak 21.000 KK menjadi 37.000 KK secara keseluruhan.

Rencananya untuk pendistribusian, akan dilakukan setelah rapat bersama Bundes dan Instansi terkait dalam Minggu ini. Kadis Sosial menambahkan bagi Bundes yang belum menyelesaikan administrasi klaim ditahap I untuk segera mengurusnya sehingga tidak menjadi hambatan untuk penyaluran tahap II. (Abd)

News Feed