by

Tunggu Kartu Dari Dinsos Lobar Turun, Bumdes Siap Salurkan JPS Covid-19 Tahap II

Lombok Barat. SuaraGiriMenang.com – Dinas Sosial Kabupaten Lombok Barat melaksanakan rapat koordinasi bersama Bumdes untuk memastikan persiapan penyaluran Jaring Pengaman Sosial (JPS) Covid-19 tahap II diruang kerja Kepala Dinas Sosial, Jum’at 18/06/202.

Dalam rapat koordiansi tersebut, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lombok Barat, Lalu Marta Jaya menyebutkan persiapan penyaluran JPS Covid-19 tahap II sudah rampung, ia mengatakan kartu penerima manfaat  akan mulai di distribusikan hari senin.

“Alhamdulillah hari  ini kita rapat koordinasi,luar biasa respon temen-temen ini, artinya mereka sudah tidak sabar lagi menyalurkan ditahap ke dua ini” tuturnya. Rencana, tadi sudah kita kasih jadwal kepada teman-teman Bumdes, hari senin itu mulai pendistribusian kartu, jadi nanti kita minta kepala desanya langsung mengambil kartu ke Dinsos, lengkap sama daftar penerima dan persyaratan-persyaratan lainnya” ujar nya.

Lebih lanjut lagi, Lalu Marta Jaya berharap Bumdes sebagai penyalur JPS covid-19 tahap II segera menyiapkan kebutuhan peneriman manfaat setelah mereka nanti menerima kartu tanda penerima dari dinas sosial.

“Kita harap nanti begitu mereka terima kartu, kepala desa dan Bumdes koordinasi supaya sesegera mungkin menyiapkan kebtuhan dari pada kelompok penerima manfaat yang akan diberikan, dan secepatnya nanti kita minta petugas untuk menyiapkan bahan sesuai yang kita butuhkan, setelah mereka selesai, nanti akan kita cek secepat mungkin” jelasnya.

Pada Penyaluran JPS Covid-19 tahap II, Kepala Dinas Sosial memastikan kesiapan Bumdes untuk menyalurkan,  pihaknya meminta untuk diinformasikan lebih awal sebelum penyaluran.

“Insyaallah kalau temen-temen Bumdes siap, minggu depan siap kita ini, tergantung temen-temen Bumdes sekarang.  kita minta juga mereka temen-temen Bumdes, ambil kartu hari senen, jangan selasa kita disuruh meriksa, jadi ada jeda tiga hari untuk diinformasikan. Dan temen-temen Bumdes sepakat semua, kalau tidak sesuai barangnya akan diganti” tegasnya.

Kepala Dinas Sosial juga menjelaskan mengenai keterlambatan penyaluran JPS covid-19 tahap II, pihaknya ingin pada tahap ke II ini agar berhati-hati sehingga  tidak ada kegaduhan lagi.

“Kita terlambat karena kita sangat ekstra hati-hati, sehingga keinginan kita semua, pak Bupati berjalan dengan lancar, sehingga tidak ada lagi kegaduhan” ujarnya.

Kepala Dinas Sosial mengakui adanya penambahan penerima manfaat JPS mantap tahap II,  ia mengatakan ada 15 ribu penambahan penerima pada tahap II, masing- masing desa penambahannya bervariasi.

“Penambahan ada ditahap kedua ini 15 rb penerima, untuk spesisfikasi barang sesuai yang kita informasikan, penambahan nya  ada pada masker. Penambahan setiap desa variatif ada yang penambahan 30, 40 dan 50 juga ” tambanya.

Usai rapat koordinasi Lalu marta jaya  menjelaskan mengenai Desa yang belum masuk data penerima pada tahap pertama, ia mengatakan, data yang belum  masuk pada tahap pertama akan dimasukkan pada tahap kedua dan ketiga.

“Dan ada memang data mereka belum masuk, karena data mereka ditahap pertama belum masuk, kita kembalikan data asli mereka, JPS ini  untuk tiga bulan, kita akan berikan sesuai hak mereka” jelasnya.    Sekarang ini kita ada beberapa desa belum cair karena alasan penerimanya sedikit sekali , Jadi nanti sekali-kali mereka kerja dengan jauh lebih besar dan lebih-lebih nanti kartunya udah komplit semua” lebih jelasnya.

Lalu Marta Jaya  memastikan sekitar 100 Bumdes yang sudah siap menyalurkan JPS mantap tahap II, ia juga menunggu arahan Bupati Lombok barat terkait penyaluran JPS mantap untuk 6 bulan kedepan.

“Untuk penyaluran sekitar 100 an yang siap, yang sisanya ini adalah mereka belum menyalurkan. Untuk enam bulan kedepan, kita tunggu perintah pak Bupati, apa aran beliau nanti, kalau memang ditambah kita siap,kita di dinsos adalah penanganan, kita tunggu koordinasi dan kami siap menjalankan perintah” tegasnya.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Suherman selaku ketua Bumdes Desa Jembatan Kembar yang mengikuti rapat koordinasi bersama Dinas Sosial mengatakn,  arahan Kepala Dinas Sosial pada penyaluran JPS mantap tahap II supaya memperbaiki pelakasaan dari tahap I.

“Hasil rapat koordinasi dengan beberapa bumdes terkait arahan kepala dinas untuk penyaluran JPS tahap II ini, kita akan memperbaiki pelaksanaan JPS tahap pertama, karena banyak kesalahan, keterlambatan daripada penyaluran  kartu dari dinas, hingga penyalurannya tersendat” jelasnya. Semoga di tahap kedua ini tidak terjadi lagi” tambahnya.

Suherman menambahkan mengenai teknis penyaluran JPS mantap tahap II, ia menyatakan Bumdes siap menyalurkan selagi tidak ada masalah.

“Kalau Bumdes sendiri siap semua, selagi tidak ada masalah seperti yang kemarin JPS tahap I, adapun teknis penyalurannya, kita terima kartu dulu, setelah itu kita membeli barang sesuai dengan spesifikasi, nanti inspektorat yang akan turun mensurvey barang kita, layak atau tidak untuk diberikan kepada penerima ,kalau tidak layak kita akan menukar mana seandainya yang tidak layak” jelasnya.

(Hrs)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed