by

Peringatan HARGANAS ke-27 Tahun ini, Lombok Barat Tuan Rumah

Lombok Barat. SuaraGiriMenang.com – Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional(BKKBN) Provinsi Nusa Tenggara Barat menggelar talkshow interaktif di Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Suara Giri Menang, Kamis 25 juni 2020 untuk menyongsong peringatan Hari Keluarga Nasional(HARGANAS) ke 27 yang akan dipusatkan di Kabupaten Lombok Barat pada tanggal 29 Juni 2020 mendatang.

Dalam  interaktif tersebut hadir sebagai narasumber perwakilan BKKBN Provinsi NTB, Drs. Samsul Anam M.PH, selaku Kepala Bidang Advokasi, Pergerakan dan Informasi. Narasumber lainnya Erni suryana M.M sekeraris DP2KBP3A Kabupaten Lombok Barat, yang di pandu penyiar Radio Suara Giri Menang Fm Wani.

Dalam HARGANAS Provinsi Nusa Tenggara Barat tahun ini, Samsul Anam mengatakan, penunjukan Lombok Barat sebagai tuan rumah tidak serta merta langsung ditunjuk,  akan tetapi Lomok Barat menunjukan berbagai prestasi dalam program Keluarga Berencana.

“Peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) ini setiap tahun nya bergiliran, pada tahun ini kita tunjuk Lombok Barat  sebagai tuan rumah, karena beberapa indikator seperti pencapaian KB nya cukup bagus, cukup stabil l, akseptor KB nya cukup aktif, Lebih lebih adanya program penundaan usia perkawinan Dan juga KB Lestari Lombok barat masuk nominasi Nasional, ini menjadi alasan kita menunjuk Lombok barat sebagai tuan rumah puncak peringatan HARGANAS”  Jelasnya.

Selanjutnya Samsul Anam menambahkan, tema peringatan hari keluarga nasional yang ke-27 ini BKKBN hadir dengan gaya baru, adapun tema yang diusung yaitu “BKKBN Baru Dengan Cara Baru dan Semangat Baru Hadir didalam Keluargamu”.

“BKKBN hadir dengan jargon baru, salam kita sekarang bukan lagi, Dua Anak cukup, tetapi ,Berencana Itu Keren, tema yang kita usung pada peringatan HARGANAS ini, BKKBN Baru Dengan Cara Baru dan Semangat Baru Hadir di dalam Keluargamu, ini bisa kita maknai  bagaimana mengingatkan pada seluruh masyarakat Indonesia akan pentingnya keluarga, karena keluarga merupakan pelaku pembangunan” tambahnya.

 Samsul Anam juga memaparkan rangkaian acara peringatan Hari Keluarga Nasional, ia mengatakan rangkaian acara HARGANAS ke-27 BKKBN akan melakukan pelayanana KB di seluruh kabpaten kota di NTB.

“Berdasarkan Intruksi dari BKKBN Pusat, kita akan mengadakan Pelayanan KB serentak diseluruh Indonesia, termasuk Provinsi Nusa Tenggara Barat. Target Se-Indonesia 1.381.142 Akseptor, Semenara Target di NTB 87.763 Akseptor. Di luar kegiatan pelayanan, kita juga melakukan kegiatan lainnya, diantaranya kita akan  keliling untuk memperingatkan masyarakat agar tetap waspada terhadap covid-19, melakukan webinar untuk PKB tentang pelayanan di era covid-19, pembagian masker dan pembinaan gugus covid tingkat kabupaten dan kota. Pelayanan KB serentak ini akan dimasukkan kedalam Rekor Muri” Pangkasnya.

Semenara itu, sebagai tuan rumah penyelenggaran Hari Keluarga Nasional, Kabupaten Lombok Barat,  melaui sekertaris DP2KBP3A Kabupaten Lombok Barat, Erni suryana M.M menyebtkan persiapan Lombok barat sebagai tuan rumah sudah mencapai 90 persen, pihaknya sudah berkoordinasi dengan BKKBN provinsi NTB.

“Persiapan kita sudah mencapai 90 persen, Kita sudah melaksanakan beberapa kali rapat terkait HARGANAS tingkat provinsi, terakhir bersama Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi. Hari Keluarga Nasional tingkat Provinsi yang akan dilaksanakan di kabupaten Lombok Barat, selain melaksanakan Upacara, kita juga akan dilaksanakan pelayanan KB Serentak, pembagian masker dan pemberian makanan tambahan untuk balita stunting serta kegiatan lainnya” Jelasnya.

Erni juga membeberkan rangkian peringatan HARGANAS di Lombok barat, ia menyebutkan akan melakukan pelayanan akseptor dengan target 9.597 akseptor yang tersebar di 10 kecamatan di Lombok barat. “Rangkaian acaranya, ada kegiatan pelayanan sejuta akseptor, di Lombok Barat targetnya 9.697 akseptor, serentak di semua kecamatan, akan ada pelayanan akseptor dengan  seluruh jenis alat kontrasepsi. Dinas Kesehatan juga sangat mensupport kami dengan mengoptimalkan tempat pelayanan dan tenaga pelayanan Tetapi dengan selalu dengan memperhatikan protokol covid-19” imbuhnya.

Pada peringatan HARGANAS nati, Erni berharap, peringatan harinkeluarga nasional bisa menjadi momentum mengembalikan fungsi keluarga, salah satunya fungsi kasih sayang.

“Tentu harapan kita bawa, untuk momentum peringatan ini kita ingin bukan hanya sekedar seremonial dari peringatan hari anak-anak, bagaimana anak-anak kita merasa nyaman di dalam keluarga itu, tidak malah mencari keamanan, kenyamanan di luar, tapi betul-betul  mereka bisa dapatkan di dalam keluarga itu kasih sayang, sehingga kita kembalikan delapan fungsi keluarga tadi ada fungsi agama fungsi pendidikan fungsi kasih sayang dan lainnya” harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Erni juga berpesan kepada remaja yang ingin menikah hendaknya merencanakan dengan matang-matang terlebih dahulu.

“Sesuai dengan jargon BKKBN yang sekarang, berencana Itu Keren, jadi harapan kita untuk adik-adik yang masih muda yang mau menikah, yang akan menikah, berharap mereka betul-betul merencanakan, segala sesuatu baik itu mereka mampu merencanakan. Kapan idealnya harus menikah, kemudian dia dengan siapa dia harus menikah, setelah menikah nanti kapan Harus memiliki anak, jadi betul-betul membuat keluarga itu menjadi keluarga yang terencana, sehingga bisa membuat keluarga yang berkualitas” Pesannya. (hrs)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed