by

Sambut Lomba Kampung Sehat, Desa Kuripan Berbenah

Lombok Barat. SuaraGiriMenang.com – Lomba Kampung sehat yang diselenggarakan oleh Polri di daerah daerah merupakan inovasi dimasa covid-19, salah satunya untuk memberikan semangat kepada desa agar tetap mempertahankan tatanan normal baru untuk melakukan aktifitas dengan standar protol Kesehatan.

Kuripan salah satu desa yang sudah melakukan Gerakan untuk menyambut kegiatan tersebut. Berbagai upaya terus dilakukan. Menurut kepala Desa Kuripan hasbi, desa kuripan sejak awal sudah intens melakukan edukasi dan menerapkan standar protokol Kesehatan dimasa pandemi. Dengan melibatkan TNI,Polri dan Masyarakat desa Kuripan berupaya untuk maksimal melakukan pencegahan.
“ Dari awal kami konsisten melakukan edukasi dan Gerakan untuk menerapakan standar protokol covid-19 seperti penempatan ember untuk cuci tangan, himbauan dipasar, bagi masker, jaga kebersihan daan semuanya” tutur hasbi

Mantan Lembaga Swadaya Masyarakat ini melanjutkan. Untuk lomba Kampung Sehat ini, Kecamatan kuripan akan diwakilkan oleh tiga Desa yakni Desa Kuripan, Giri sasak dan Kuripan Utara.
“Menyambut kampung sehat ini, warga kami bergotong royong untuk bersih bersih, merapikan lingkungan masing masing, memasang Plank dan tentunya tetap dengan menerapkan protocol covid-19” terang hasbi.

Sementara itu, selain penerapan protokol Kesehatan, penilain Kampung Sehat juga terkait dengan potensi yang ada . seperti dikuripan kata hasbi akan menonjolkan beberapa Usaha Kecil Menengah (UKM) seperti pemanfaatan sampah plastic menjadi bunga, kerajinan tangan, budidaya jamur, sayur hydroponic anyaman dan lainnya.
“ melalui kegiatan ini kita kembali menyemangati dan menggairahkan masyarakat agar mereka bangkit dari keterpurukan akibat corona ini”

Sementara itu, Camat Kuripan Banu Harli menjelaskan, tiga desa sebagai perwakilan camat kuripan dipilih karena beberapa pertimbangan diantaranya desa tersebut pernah terpapar dan memiliki pengalaman cara mengatasi covid-19. selain itu, tiga desa yang akan di SK kan oleh kecamatan kuripan tersebut memiliki progres yang baik dari sisi lain seperti ekonomi, sosial dan keamanan.
” selain tiga desa ini memiliki pengalaan mengatasi covid -19, tiga desa ini juga dilihat dari kemajuan ekonomi,sosial dan keamanan. Ekonomi semisal pergerakan Bumdesnya, kemudian sosial terkait dengan edukasi kepada masyarakat mengenai protokol kesehatan selama covid dan keamanan , kerjamsa yang baik antara Polri,TNI dan satgas desa serta masyarakat . itu semua menjadi penilain” jelas camat kuripan.

penilain yang dilakukan dari awal juli hingga agustus nanti, melibatkan 21 desa dari 7 kecamatan yang ada di Lombok Barat. Banu berharap agar kecamatan kuripan dapat masuk , lolos dan menjadi juara ke tingkat provinsi.
” Kita optimis dan berharap kuripan nanti menjadi juara amiin” harapnya

(Abd)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed