by

Desa Labuan Tereng Sambut Baik Lomba Kampung Sehat

-Nasional-642 Views

Lombok Barat. SuaraGiriMenang.com – Lomba kampung sehat yang di inisiasi oleh Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat resmi di buka beberapa waktu lalu. Pelaksanaannya pun disambut baik oleh desa yang ditunjuk sebgai peserta lomba tersebut.
Di kecamatan Lembar terdapat tiga Desa yang ditunjuk sebagai peserta Lomba, yaitu Desa Lembar Selatan, Desa Jembatan Kembar dan Desa Labuan Tereng.
Kepala Desa Labuan Tereng, Humaidi mengucapkan terimakasih, Desa Labuan tereng di tunjuk sebagai salah satu peserta lomba, ia pun mengatakan lomba kampung sehat ini akan menjadi ajang evaluasi bagi desa labuan tereng.
“ pertama saya ingin menyampaikan banyak terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada tiga desa di kecamatan lembar termasuk desa labuan tereng, dimana ini sebagai pembelajaran saya kemudian, masyarakat pada umumnya bagaimana menerapkan pola hidup sehat, lebih-lebih kita saat ini menghadapi pandemi covid-19, juga bagaimana masyarakat di sisi keamanannya kembali di terapkan dan juga kemudian dari segi UMKM” ujarnya saat ditemui pada saat bahkti sosial persiapan lomba kampung sehat, selasa, 30 juni 2020.
Humaidi Usai, selaku kepala Desa, pihaknya menyebutkan persiapan lomba kampung sehat di desa labuan tereng sudah mencapai 70 persen, ia pun sudah menyiapkan kriteria lomba kampung sehat tersebut.
“Sampai dengan saat ini persiapan kita sekitar 70%, tapi kami tidak berharap menang, kami ikut meriahkan dan kami bisa dapat pelajaran dari kegiatan ini”. Ungkapnya. “Adapun berapa indikator penilaian yang di dikasih, pertama itu dari segi kesehatan kedua dari segi industri UMKM, kemudian dari segi Kamtibmas atau keamanannya dan yang terakhir itu adalah dari segi sosial kemasyarakatannya, dan itu sudah kita siapkan” terangnya.
Lebih lanjut, Humaidi Usai Berharap dengan kegiatan lomba kampung sehat ini bisa menghasilkan ide-ide kreatif masyarakat, ia pun meminta dukungan dari pemerintah kabupaten maupun provinsi. “harapan kita ke depan, bisa memunculkan ide-ide kreatif masyarakat terutama dari sisi kesehatan kemudian juga ekonominya dan keamanannya. Kemudian pemerintah daerah maupun provinsi dapat men-support kekurangan kita dari kegiatan ini, karena tujuan kami mengikuti lomba ini adalah bagaimana memunculkan Desa labuhan terang ini dengan segala kekurangannya sehingga pemerintah dapat memperhatikan Desa Labuan terutama dari segi UMKM ekonomi kreatif” harapnya.
Ditengah pandemi covid-19 pada masa transisi new normal, kepala desa labuan tereng , Humaidi Usai mengajak kepada masyarakat agar menerapkan protokol covud-19 ketika beraktivitas diluar.
“Saya mengajak kepada masyarakat, tokoh agama, kepala dusun dan seluruh masyarakat desa Labuan tereng agar, pertama mengikuti himbauan pemerintah untuk menerapkan protokol kesehatan covid-19 seperti mencuci tangan, pakai masker, jaga jarak ketika berada di kerumunan” pesannya.
Sementara itu Bhabinkamtibmas Desa Labuan Tereng, Bripka Wawan Purwanto selaku penggerak kegiatan lomba kampung sehat, menyebutkan pihaknya sudah berkoordinasi dengan pemerintah desa dan elemen masyarakat, ia mengatakan, koordinasi tersebut untuk memperbaiki sistem administrasi yang sesuai dengan protokol covid-19.
“kita melakukan koordinasi dengan kepala desa untuk perbaiki sistem administrasi, untuk disesuaikan dengan protokol covid-19, Kemudian kita melakukan koordinasi dengan BPD dan kepala dusun dan semua elemen masyarakat untuk melaksanakan lomba kampung sehat” ujarnya
Selanjutnya, Bhabinkamtibmas Desa Labuan Tereng itu, ikut serta mengedukasi masyarakat dalam proses pelaksaan lomba kampung sehat, ia pun sudah melakukan kunjungan ke perusahaan yang ada di desa lanbuan tereng untuk memastikan pekerja menerapkan protokol kesehatan covid-19
“Kita Menggerakkan pola hidup sehat dan bersih kepada masyarakat, dengan sering cuci tangan, menggunakan masker diluar rumah kemudian menjaga jarak ketika berada di kerumunan, Untuk bidang Kamtibmas menggalakkan Kembali program siskamling, Dibidang sosial kemasyarakatan kami melakukan kunjungan ke UMKM dengan tujuan supaya memudahkan proses penjualan produknya, selanjutnya kita melakukan kunjungan ke perusahaan yang ada di labuan tereng untuk mengontrol dan memastikan pekerja menerapkan protokol kesehatan” tambahnya
Selaku Bhabinkamtibmas, Bripka Wawan Purwanto, berharap masyarakat membiasakan diri hidup bersih dan sehat, bukan pada event lomba saja akan tetapi pada kehidupam sehari-hari.
“Harapannya saya, selaku Bhabinkamtibmas bisa mengajak dan mengedukasi masyarakat desa Labuan Tereng, supaya membiasakan diri hidup bersih dan sehat, menjaga lingkungan menjadi kebiasaan sehari hari tidak hanya di kegiatan lomba saja” harapnya. (hrs)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed