by

Dikbud Lobar Persilakan Sekolah Ajukan KBM tatap muka, dengan syarat

Lombok Barat. SuaraGiriMenang.com – Dinas pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Lombok Barat Barat menyiapkan strategi untuk kegiatan belajar mengajar tatap muka di masa pandemi covid-19.

Melalui surat edaran dinas pendidikan dan kebudayaan nomor 800/1309-set./DISDIKBUD/2020 tentang layanan pembelajaran tahun pelajaran 2020/2021 berdasarkan SKB 4 Mentri yaitu mendikbud, Kemenag, Menkes dan mendagri tentang panduan penyelenggaraan pembelajaran pada tahun ajaran 2020/2021 dimasa pandemic covid-19, sekolah boleh mengajukan kegiatan belajar mengajar tatap muka dengan persyaratan yang sudah tertera pada surat edaran tersebut.

Kepala dinas pendidikan dan kebudayaan, H. Nasrun mengatakan sekolah boleh mengajukan kegiatan belajar mengajar tatap muka dengan persyaratan yang sudah di edarkan dinas pendidikan dan kebudayaan.

“Pelayanan pembelajaran di masa covid-19 ini kita sudah siapkan, Untuk Pelajaran Sekarang ini belum bisa kita ijinkan, masih perpanjang belajar dari rumah. yang boleh tatap muka itu adalah yang sudah zona hijau itupun harus lewat persyaratan yang berlapis-lapis” ungkap nya saat di temui di ruang kerja disdikbud.

Menurut Nasrun dinas pendidikan dan kebudayaan sudah membuatkan surat edaran terkait belajar tatap muka disekolah, ia menyampaikan bahwa selain itu sistem pelayanan pendidikan di masa covid-19 ini dibagi dua fase, fase transisi sampai bulan september dan fase new normal secepat-cepatnya bulan september, artinya sekarang sekolah-sekolah mempersiapkan diri, mengajukan kegiatan belajar tatap muka dengan syarat utamanya harus zona hijau.

Untuk mempersiapkan kegiatan belajar mengajar tatap muka, disdikbud memberikan instrumen untuk mengevaluasi sekolah yang akan mengajukan kegiatan belajar mengajar tatap muka, nantinya, apabila sekolah sudah memenuhi syarat dengan skor diatas 85 dari instrumen yang diisi, boleh mengajukan diri melaksanakan keiatan belajar mengajar tatap muka.

“Kita berikan istrumen untuk diisi, apabila memenuhi skor diatas 85 maka sekolah boleh mengajukan kegiatan belajar tatap muka, itupun harus mengajukan diri ke dikbud dulu lengkap dengan surat izin orang tua wali, apabila sudah sesuai, nanti dikbud yang akan merekomendasikan ke pemda, sekolah ini boleh belajar tatap muka” jelasnya

Pengajuan kegiatan belajar mengajar tatap muka, pihak dikbud memberikan waktu dua bulan untuk sekolah mengajukan diri mempersiapkan kegiatan belajar tatap muka, selama 2 bulan tersebut sekolah harus mempersiapkan tim covid-19 di sekolah, protokol kesehatan covid-19 dan mengatur prosedur penerimaan siswa masuk sekolah serta selama siswa berada di sekolah. (hrs)

News Feed