by

JPS Mantap Tahap III,Lobar Maksimalkan Kemitraan dengan UMKM

Lombok Barat. SuarGiriMenang – Program Jaring Pengaman Sosial ( JPS ) Mantap Kabupaten Lombok Barat hingga saat ini sudah sampai dengan tahap ke tiga . Rencana pendistribusian tahap ketiga ini akan dilaksanakan pertengahan bulan agustus. Selain itu Dinas sosial merangkul lebih banyak lagi UMKM yang ada di Lombok Barat. Kali ini para penghasil gula semutpun dilibatkan untuk melengkapi paket sembako JPS mantap. Hal tersebut disampaikan dalam rapat koordinasi diruang Kepala Dinas Sosial Lombok Barat rabu, 29 Juli 2020 bersama perwakilan Bumdes, UMKM dan Dinas Sosial.

Dalam koordinasi tersebut, Kepala Dinas Sosial Lombk Barat L. Martajaya menyampaikan, dalam tahap ketiga ini pemda akan mengakomodir UMKM walaupun ditahap pertama dan kedua sudah dilakukan. Kali ini Dinas Sosial melibatkan penghasil gula semut aren yang ada di Lombok Barat. Menurut Martajaya, hal dilakukan untuk membantu UMKM tetap eksis dan berproduksi selama covid-19

“ berdasarkan arahan bupati, ini kita lakukan untuk membantu UMKM kita agar tetap bisa berproduksi selama covid-19, selain itu ini juga merupakan bagian dari cinta produk sendiri, kalau bukan kita siapa lagi” tutur kadis sosial

Gula semut aren ini akan menjadi bagian dari paket JPS mantap tahap ketiga dengan menggantikan gula pasir dan masker. Seperti sebelumnya paket sembako yang dibagikan kemasyarakat sebanyak 5 item yakni 15 Kg beras, 1 tray telur, 1 Kg minyak goreng,1 kg gula pasir dan 2 buah masker. Sedangkan pada tahap ketiga nanti masyarakat akan mendapat 4 item dengan rincian 15 kg bers, 1 tray telur, 1 Kg minyak goreng dan 1 paket gula semut yang berisi 250 grm.

Saat ditanya , kenapa pilihanya gula semut? Martajaya menyampaikan, saat ini masker sudah banyak terdistribusi ke warga baik dari bantuan pemerintah ataupun swasta dan lainya. Selain itu, hal ini juga untuk membiasakan masyarakat karena dari segi manfaat gula semut sangat baik untuk Kesehatan, disamping itu Lombok Barat juga menjadi salah satu Kabupaten penghasil produk tersebut.

“ kita lihat sekarang masker sudah banyak beredar baik bantuan dari pemerintah atau lainya, dan kita juga ingin membiasakan masyarakat kita mengkonsumsi gula semut ini karena sangat baik untuk kesehatan dan yang paling penting bisa membantu teman teman UMKM ” jelasnya

Sementara itu Ketua Asosiasi Aren Indonesia wilayah Nusa Tenggara Barat H Mustaan menyampaikan terimaksih kepada pemerintah daerah Lombok Barat karena sudah di akomodir  dalam penyaluran paket sebaku JPS mantap di tahap tiga ini.

’alhamdulillah kami sangat bersyukur sudah di libatkan dalam penyaluran tahap tiga ini. Dan tentunya ini sangat membantu kami para umkm gula semut di Lombok Barat yang selama covid ini penjualan kami turun dan tentunya berimbas pada pekerja dimana banyak masyarakat yang terlibat dalam produksi ini” kata H.mustaan.

Mustaan menjelaskan, produk gula semut di Lombok Barat ini sudah berkembang bukan hanya di lokal namun juga internasional bahkan di ekspore hingga kejepang. Karena itu ia berharap agar situasi covid ini cepat membaik sehingga Kembali normal dan berproduksi seperti sediakala.

Martajaya menegaskan, Gula semut yang di pilih dan yang akan di distribusi adalah gula semut yang sudah berlabel halal dan lolos sertifikasi dari dinas dan instansi terkait.

 Selanjutnya Kadis sosial menegaskan Kelompok Penerima Manfaat ( KPM) di tahap ketiga ini sudah tidak ada perubahan yakni sebanhak 38 ribu penerima, sementara untuk distribusi akan dilaksanakan minggu kedua bulan agustus dan akan melalui tahap survey kelayakan seperti tahap sebelumnya.

Sementara untuk tahap selanjutnya, hal tersebut kata Martajaya akan menunggu arahan dari pimpinan karena terkait dengan anggaran dan kemampuan daerah.

( Abd)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed