by

Exotisme Rinjani dari Bukit Pal Jepang

Naik ke Bukit itu sesuatu..
Kenapa? Perjalananya sama dengan kehidupan. Selangkah demi selangkah namun sampai juga ke puncak. Tidak memaksa diri untuk segera sampai atau meraihnya. Setiap tanjakan,turunan dan beristirahat di tempat landai bahkan sesekali terasa bersahabat dengan alam dan pohon yg menjadi sandaran. Namun puncak yang megah dan indah itu, akan menjadi motivasi dikala kita lelah dan hampir menyerah.

Bukit Pal Jepang namanya. Perjalanan dari Mataram untuk sampai ditempat ini butuh waktu sekitar 2,5 jam. Wilayah ini berada di Desa sapit Kecamatan suele Lombok Timur. satu kilo meter sebelum sampai parkiran kita akan sedikit melewati jalan setapak dengan sepeda motor. Sesampai diparkiran kitapun diharuskan untuk konfirmasi registrasi. Sebelum memulai menapak, pendaki di breafing oleh pemandu dan diarahkan jaga alam tetap lestari dengan jangan buang sampah sembarang dan jangan ganggu tanaman.

Bismillah…kamipun memulai langkah dengan 20 orang teman jelajah Lombok . Rute yang kami lewati pun beragam mulai dari kawasan pertanian warga, hutan yang terus menanjak dengan diselimuti dingin dan sebelum puncak kami ditantang untuk menjajal tracking yg menjulang hingga kemiringan yang extreem.

Akhirnya setelah berjalan kurang lebih lima hingga enam jam kamipun sampai dipuncak bukit. Kamipun berjibaku dengan teman yang lain mendirikan tenda menggelar bekal yang ada di ransel. Tak lama setelah tenda berdiri. Tuhanpun menunjukkan keagungannya negeri diatas awanpun terhapar hingga semua yang ada di bukit berteriak wow,keren,mantap, subhanallah dan kata kata kagum lainya.

Sekilas lelah yang ada terhempas oleh view dan udara yang sejuk. Bertahan beberapa saat setelah mengabadikan momen. Matahari pun tenggelan dan dinginpun datang menyelimut dimalam hari.

Hari beganti, disambut matahari pagi yang perlahan mengusir dingin sarapan dan sajian kopi manis diatas bukit serasa sempurna. Kali ini pemandangan terang akan megahnya Rinjani ada di depan mata. Kami hanya bisa kagum dan mengabadikan momen itu.

Puas rasanya disuguhkan dengan pemandangan yang berbeda disore dan pagi hari akhirnya kamipun dengan riang bersiap untuk kembali setelah berpuas diri mengabadikan sajian alam semesta yang tiada duanya ini.

Catatan perjalanan dari Bukit Pal Jepang , Sapit,Suele Lombok Timur. sabtu minggu, 1-2 Agustus 2020.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed