by

Program Hallo Polisi, Cara Polres Lobar Edukasi Masyarakat

Lombok Barat. Suaragirimenang.com – Polres Lombok Barat bekerjasama dengan Radio Suara Giri Menang untuk memberikan edukasi melalui diskusi dan interaktif  dengan memanfaatkan saluran Radio dan media sosial. Hari ini merupakan perdana digelarnya acara tersebut. Kasat Lantas Lombok Barat Iptu Rita Yuliana, S.IK,. M.M. mengawali program Hallo Polisi dengan tema “tertib berlalu lintas di era pandemi’’ dengan durasi 30 menit yang dipandu oleh host Radio SGM, Ade pada Rabu, 9/09/2020.

Dalam pemaparannya sebagai narasumber, kasat lantas menyampaikan hal terkait tertib berlalu lintas harus dipatuhi setiap saat sesuai dengan undang undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas angkutan jalan .

“Dalam berkendara tentunya harus sesuai dengan aturan, tetap memperhatikan kelengkapan kendaraan, rambu rambu lalu lintas untuk menjaga keselamatan, dan prinsipnya bukan hanya karena aturan kita tertib, tapi tertiblah terhadap diri sendiri,” pungkasnya.

Selanjutnya, Rita menjelaskan, dimasa pandemi ini masyarakat harus tetap mengikuti anjuran pemerintah sesuai dengan peraturan daerah (perda) nomor 7 tahun 2020 tentang penanggulangan covid-19. Menurutnya butuh perjuangan bersama untuk melawan virus ini.

‘’kita bener – bener harus fight menghadapi kondisi ini, tetap menggunakan protokol kesehatan saat sebelum dan sesudah berkendara,‘’ jelasnya.

Sementara itu, saat ditanya terkait pelanggaran, Rita menyampaikan hingga saat ini kasus yang masih mendominasi ialah tidak menggunakan helm saat berkendara.

‘’Kalau mengenai pelanggaran bervariasi sih, mulai dari kelengkapan SIM, penggunaan seatbelt, STNK dan yang paling banyak pelanggaran tidak menggunakan helm sih, nah kalau terkait masa pandemi ini kita hanya mengingatkan pengendara untuk selalu menggunakan masker,” kata kasat lantas yang baru menjabat beberapa hari tersebut.

Sebelumnya Kapolres Lombok Barat AKPB Bagus Satriyo Wibowo, SIK, saat mengisi acara talkshow terkait dengan kampung sehat di radio SGM menyampaikan, edukasi melalui radio dan media sosial sangat baik untuk dilakukan, menyasar segmen masyarakat melalui media.

‘’Saya rasa program ini sangat baik ya, selain menyampaikan tupoksinya, polisi juga meyampaikan edukasi dan sekaligus masyarakat bisa bertanya langsung terkait persoalan yang ada,” ungkapnya.

Program hallo Lombok Barat ini akan berlangsung setiap pekan, yakni setiap hari rabu, pukul 09.00 – 10.00 wita dengan narasumber dari berbagai satuan yang ada di polres lombok barat dan masyarakat bisa bertanya langsung melalui line telepon serta menyimak acara ini dari streaming dan radio dengan freqwensi 99,40 FM. (abd).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed