by

Asisten I Lobar :”’ Kita Dorong Bumdes Berkolaborasi Dengan Pemerintah dan Mitra’’.

Lombok Barat. Suaragirimenang.com – Kegiatan rapat koordinasi yang diselenggarakan Dinas Pemberdayaan MAsyarakat dan Desa (PMD) Lombok Barat dengan agenda sosialisasi produk Mitra BRI, pembentukan forum Bumdes dan diskusi, dihadiri  perwakilan Bumdes se-Lombok Barat. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula utama kantor bupati Lombok Barat, Rabu 19 November 2020.

Acara yang berlangsung dari pagi hingga siang tersebut dihadiri Asisten I setda Lombok Barat Agus Gunawan, Asisten Manager Pemasaran Mikro Bank BRI Mataram Arif Gunawan, Sekretaris PMD Hery Ramdhan, Kepala Bidang penataan kerjasama desa Mupahir, Tenaga Ahli Pendamping Desa Ekonomi Lombok barat Lalu Ardian Zamzamy, dan ketua serta anggota Bumdes Se-Lombok Barat.

Dalam kesempatan tersebut, Asisten Manager Pemasaran Mikro BRI Mataram, Arif Budiman menyampaikan ucapan terimkasih kepada Pemda Lombok Barat dengan diselenggarakanya giat tersebut. Dalam sambutannya arif menyampaikan BRI sebagai plat merah mendukung 100 persen program pemerintah .

“kami sebagai plat merah mendukung 100 persen bahkan lebih untuk pemulihan ekonomi nasional, selama ini kita bersinergi dengan dinas koperasi dan umkm lobar untuk  mengakomodir UMKM yang ada. Bahkan di Lobar ini bapak ibu pengajuan pembiayaan dan pinjaman itu mencapai hamper sepuluh ribu orang’’ jelasnsya.

Arif membeberkan , di Lombok Barat ini terdapat 16 Unit BRi untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dan selama masa pandemi management memberikan keringanan sejak maret lalu berupa rekstrukturasi pinjaman dan program stimulus bunga dan terakhir adanya bantuan untuk usaha mikro.

‘’sejak pandemi melanda semua berubah, namun kami tetap memberikan kemudahan kepada nasabah seperti pembayaran pokok yang ditunda selama 12 bulan, terus stimulus bunga yang lasngsung di transfer ke rekening peminjam dan adanya bantuan untuk usaha mikro” kata Arif

Dalam kesempatan tersebut, Arif juga mengajak Bumdes untuk mengambil bagian dalam program BRI Link untuk memberikan kemudahan dan menumbuhkan enonomi desa. Beberapa produk yang di dorong adalah pembayaran chas menjadi digital, system pola transaksi dengan menggunakan on line.

“ kami berharap Bumdes bisa bekerjasama dengan BRI menajadi agen BRI Link untuk kemudahan transaksi sekaligus mendapatkan keuntungan misalnya untuk pembiayaan token listrik, pelayanan transfer, menjadi suplayer dan lainya’’. Tambah afif

Sementara itu, Asisten I Setda Lombok Barat Agus Gunawan yang mewakili Bupati Lobmok Barat dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada BRI dan PMD dalam penyelenggaraan giat tersebut. Selaini itu juga Agus berterimaksih kepada semua Bumdes yang sudah membantu pemerintah dalam penyaluran JPS mantap bebrapa bulan lalu.

Sebelumnya membuka acara secara resmi, dalam arahnya Agus berharap agar Bumdes kedepannya menjadi pondasi utama ekonomi desa untuk maju dan berkembang, membuka kerjasama dengan mitra dan juga pemerintah.

“ saya berharap kepada Bumdes untuk menjadi pondasi ekonomi di desa, banyak cara saya kira. Silahkan bekerjasama dengan mitra, dinas terkait dengan pelatihan pelatihan yang ada dan dukungan pemerintah dan itu terbuka lebar. Sekali lagi kita mendorong Bumdes berkolaborasi dengan pemerintah dan mitra’’ tegas Asisten I Lobar .

Setelah acara pembukaan selesai, dalam diskusi terbatas  yang berlangsung beberap menit tersebut sejumlah ketua bumdes mendorong pihak pemerintah dan mitra untuk membuat ikataan kerjasama secara kelembagaan bukan program personal. Hal tersebut untuk memaksimalkan potensi yang ada.

‘’saya rasa, apa yang disampaikan oleh BRI tadi adalah program secara nasional dan personal, kami meminta agar BRI dapat mengakomodir kami secara kelembaagaan sehingga lebih maksimal. Begitu juga dengan Dinas PMD, tolong buatkan regulasi seperti perbub mungkin sehingga kami jelas secara kelembaagaan dan dilibatkan dalam setiap geliat ekonomi atau program pemerintah’’kritis okto dalam diskusi tersebut.

Pertanyaan dan masukan itupun ditanggapi oleh sekretarsi PMD Hery Ramadhan, ia menjelaskan bahwa kedepan Bumdes akan menjadi lembaga yang batul batul diperhatikan dan legalitasnya tidak diragukan lagi.

“ saat ini pemerintah sedang menyiapkan Rancangan Peraturan Pusat (RPP) dimana Bumdes nantinya adalah badan Hukum setara dengan PT, untuk melakukan aktifitas ekominya sehingga lebih luas lagi. Dan insyaallh kita akan mendorong Bumdes untuk menjadi mitra pemerintah dalam setiap program ekonomi untuk kesejahteraan Masyarakat Desa‘’ jelas Hery. ( Abd)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed