by

Forum Bumdes Lombok Barat Terbentuk

Lombok Barat. Suaragirimenang.com – Rapat koordinasi Pembentukan forum Badan Usaha Milik Desa( Bumdes) Lombok Barat berlangsung tertib dengan di hadiri 59 perwakilan ketua dan anggota Bumdes yang ada di Lombok Barat. Pembentukan tersebut langsung di pimpin sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa ( PMD)  Hery Ramadhan, yang berlangsung di aula utama kantor bupati Lombok Barat pada Rabu, 19 november 2020.

Dalam kegiatan yang sebelumnya dirangkai dengan sosialisasi produk Bank BRI tersebut hadir asisten I setda Lombok Barat Agus Gunawan, Asisten Manager Pemasaran Mikro Bank BRI Mataram Arif Gunawan, Sekretaris PMD Hery Ramdhan, Kepala Bidang penataan kerjasama Desa Mupahir, Tenaga Ahli Pendamping Desa Ekonomi Lombok Barat Lalu Ardian Zamzamy dan ketua serta anggota Bumdes Se-Lombok Barat.

Dalam proses pemilihan yang berlangsung seru tersebut terpilih sebagai ketua forum Bumdes Lombok barat Jusnadi Hasan Akli Anwar Bumdes Giri Sasak, wakil ketua I Lalu Okto M Sabdi Bumdes Kuripan Mandiri, Wakil ketua II Sapri Bumdes Gontoran, Wakil ketua III Solihin Bumdes sengigi,  sekretaris Yuli Bumdes Sandik, bendahara Supriani Bumdes Lelede dan lainya sebagai anggota.

Sementara itu, sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Hery Ramadhan, dalam kesempatan tersebut meyampaikan, bahwa Forum Bumdes yang terbentuk ini diharapkan menjadi wadah sebagai ajang silaturrahmi, menjadi media komunikasi, sharing informasi,dan bisa menjadi kekuatan besar, memiliki nilai tawar terhadap pihak yang memberi otoritas kebijakan.

‘’Alhamdulillah hari ini terbentuk forum yang mewadahi Bumdes Se-Lombok Barat untuk tempat berdiskusi sehingga Bumdes ini bisa menjadi kekuatan besar ekonomi, untuk mendukung tugas pemerintah,bagaimaa memberdayakan masyarakat secra ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat” ungkap Hey.

Forum Bumdes yang sudah terbentuk ini bisa menjadi kekuatan besar, memiliki posisi tawar dalam memperjuangkan program kesejahteraan bagi mayarakat terutama di tingkat desa’’ tambah hery.

Sementara itu, ketua terpilih Anwar menyampaikan harapanya, bahwa Bumdes ini bisa menjadi mitra yang baik, dilibatkan dalam program sehingga Bumdes bisa eksis, berkembang dan dapat memaksimalkan potensi ekonomi yang ada .

‘’Harapan saya Bumdes ini bisa menjadi mitra yang baik, dilibatkan dalam program pemerintah. Selain itu kita akan dorong juga keabsahan legalitas dari Bumdes sehingga jelas dan yang tidak kalah pentingya , sya berharap adanya bimbingan management keuangan atau semacam program laporan sehingga teman teman Bumdes tidak bermasalah nantinya’’ kata Anwar ketua terpilih yang juga sebagai ketua Bumdes Giri sasak .

Untuk diketahui dari 119 Desa yang ada di Lombok Barat. Bumdes yang baru terbentuk dan aktif sebanyak 116 Bumdes. ( Abd)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed