by

Hari Aids Sedunia, KPA Lobar Bersama Dinas Terkait Lakukan Edukasi, Sebar Brosur dan Bagi Masker

Lombok Barat. Suaragirimenang.com – Hari Aids seduni yang jatuh pada hari ini, selasa tanggal 1 desember 2020 di peringati dengan giat eduksi, bagi bagi brosur dan masker. Acara yang dimulai jm 7 pagi tersebut melibatkan Komisi Penaggulanangan Aids (KPA), Dinas Kesehatan (Dikes) Lobar,Diskominfo Lobar,Pol PP, TNI, Polri dan Radio Suara Giri Menang, berlangsung di sepanjang jalan bundaran Giri Menang Square Lombok Barat selasa, 1 Desember 2020.

Selain membagikan brosur edukasi tentang HIV AIDS para pengendara juga di ingatkan untuk tetap menggunakan masker dimasa pandemi ini. Menurut sekretaris Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Lobar H.Junaidi giat ini merupakan cara untuk memperingati hari Aids sedunia yang jatuh pada hari ini. Selain itu menurutnya edukasi tentang HIV AIDS harus terus dilakukan untuk menyadarkan masyarakat akan pentingya perlindungan dan kepedulian diri dan keluarga untuk terhindar dari penyakit mematikan ini.

“momentum ini untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat dengan cara memberikan brosur ke pengguna jalan berkolaborasi dengan dinas instasni yang ada di Lombok Barat’’

Junaidi menambahkan, kedepannya bersama dinas intansi terkait akan terus lebih maksimal melakukan edukasi dan pencegahan untuk mencapai 3 zero (Three Zero) yakni, target pada tahun 2030 dapat mengurangi orang terdampak, kemudian mengurangi diskriminasi kepada penderita dan yang ketiga diharapkan tidak ada lagi yang meninggal karena penyakit ini.

“kita akan perkuat solidaritas menuju 3 zero ( three zero)di Lombok barat ini. Insyaallh dengan kerjasama yang baik ini semua bisa kita lakukan”

Sementara itu dalam kesempatan tersebut junaidi menyampaikan, untuk kasus Hiv Aids di Lombok Barat masih fluktuativ , hingga tahun 2020 ini ditemukan 25 orang yang positif”.

‘’kalau tentang kasus semakin kita bergerak semakin banyak yang kita jaring, dan tetap kita lakukan jemput bola dengan melakukan test HIV Mobile ke tempat tempat hiburan dan wisata’’ jelas Sekretaris KPA Lobar.

Ia berharap peningkatan kasus ini bisa di tekan, KPA sendiri menerapkan program STOP , yakni memberikan suluh edukasi, kemudian menemukan orang yang sudah beresiko dan memberikan penanganan .

‘’saya berharap masyarakat memahami bagaimana cara penularan dan pencegahanya , bila ada keluarga, tetangga teman dan lainnya yang terkena untuk tetap diberdayakan karena ada beberapa penularan yang harus di hindari. Sehingga tetap bisa hidup bersama tanpa ada diskriminasi’’harapnya.

Sementara itu kepala Dinas Kesehatan Lombok Barat drg. Ambar Yati usai membagikan masker menyampaikan, giat ini merupakan partisipasi Dinas Kesehatan dalam rangka hari Aids sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Desember 2020 ini. Dinas Kesehatan bersama jajarannya selain memberikan brosur  tentang Aids tetap menyelipkan juga edukasi covid-19, bahkan Dikes menyebar sebanyak dua ribu masker kepada para pengendara yang melewati bundaran.

‘’ini bentuk partisipasi kita di hari Aids sedunia, kita bagi masker sebanyak 2000 untuk edukasi covid juga’’

Ambar menyampaikan, terkait dengan penanganan Aids Dinasnya terus berkoordinasi dan berkolaborasi dengan KPA untuk melakukan edukasi penanganan penderita Hip Aids.

‘’jadi tetap kita berkolaborasi dengan KPA, misalnya melakukan HIV Test Mobile, edukasi pencegahan dan lainnya’’ terang ambar.

(Abd)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed