by

1901 KPM-PKH Lobar Digraduasi

Lombok Barat. Suaragirimenang.com –  Sebanyak 1.901 Kelompok Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM-PKH) Lombok Barat (Lobar) di 4 kecamatan yakni Gerung, Lembar, Sekotong dan Narmada diwisuda atau digraduasi. Acara wisuda graduasi tersebut dilaksanakan di Bencingah Agung Kantor Bupati  Lobar, Senin (14/12).

Acara yang dilaksanakan dalam rangka Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) dan Hari Ulang Tahun NTB tanggal 17 Desember mendatang ini dihadiri oleh  Bupati Lobar H. Fauzan Khalid, Wakil Bupati Hj Sumiatun, Sekda Lobar H. Baehaqi, Kepala Dinas Sosial Provinsi NTB H. Ahsanul Khalik, Assisten I Setda Provinsi NTB Hj. Baiq Eva Nurcahyaningsih, Kadis Sosial Lobar H. Lalu Martajaya, camat dari 4 Kecamatan (Lembar, Sekotong, Narmada, dan Gerung), pendamping  PKH dan perwailan keluarga yang digraduasi.

Beberapa bulan sebelumnya juga telah dilakukan graduasi mandiri atau melepaskan diri dari bantuan program PKH terhadap 27 orang di Kecamatan Lembar dan 23 orang di Desa Sembung, Kec. Narmada.

Bupati Lobar H. Fauzan Khalid dalam sambutannya mengucapkan ungkapan terima kasihnya terhadap KPM PKH yang atas kesadarannya sendiri mengeluarkan diri dari program PKH.

“Anggota KPM PKH yang keluar ini bukan berarti sombong  dan sudah kaya akan tetapi ini dilakukan semata-mata karena kesadaraan bahwa  masih banyak masyarakat lainnya  yang lebih membutuhkan. Tetapi kedepan  kita harapkan, PKH yang keluar agar mengembangkan ekonomi produktif,” terangnya.

Lebih jauh Fauzan mengatakan, saat ini di lobar sedang didorong industry kecil berbasis rumahan, di mana mulai tahun 2020 semua usaha perkantoran terutama yang konsumsi harus melalui koperasi  dan koperasi itu harus mengambil dan membeli dari usaha masyarakat.

“Kita juga memberi sanksi kepada Organisasi Perangkat Daerah Lombok Barat yang tidak memesan konsumsi seperti jajanan, kue-kue dan sebagainya  di usaha masyarakat Lombok Barat yang sudah ada. Ini kesempatan untuk PKH yang telah keluar untuk mengembangkan diri,”pungkasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Lobar H. Lalu Martajaya mengatakan, Menurut data yang ada, hingga Nopember 2020 jumlah KPM PKH yang mengundurkan diri secara sukarela atau mandiri sebanyak 1.750 keluarga dari total KPM PKH Tahap IV tahun 2020 sebanyak 44.698 keluarga.

Adapun rinciannya adalah Kecamatan Sekotong: 43 keluarga,Kecamatan Lembar 1267 keluarga, Kecamatan Gerung 368 keluarga  dan Kecamatan Narmada 72 keluarga. Namun jumlah yang menyatakan diri mundur sampai dengan minggu pertama Bulan Desember 2020 terus mengalami peningkatan hingga mencapai 1.901 keluarga dan ini terus mengalami progres hingga hari ini.

“Pada pagi ini yang hadir sebanyak 40 KPM dan secara simbolis akan diwisuda. Kegiatan ini juga diikuti oleh KPM PKH di 4 lokasi di mana juga dilakukan secara virtual,” terangnya.

Assisten I Provinsi NTB Hj Baiq Eva Nurcahyaningsih dalam sambutannya mewakili Gubernur NTB mengharapkan agar Pemkab Lobar lebih memaksimalkan lagi peran para pendamping PKH sebagai garda terdepan dalam mensukseskan program PKH di Lobar. Kepada pendamping PKH agar bekerja lebih baik lagi dan secara professional. Usai acara bupati dan undangan lainnya mengunjungi produk UKM PKH Lobar. (BDI)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed