by

Pantai Tanjung Bias, Wisata Kuliner Mantap Lombok Barat

Lombok Barat. Suaragirimenang.com – Nama Pantai Tanjung Bias tidak asing bagi wisatawan. Nama ini dikenal bukan hanya di level Lombok Barat, tapi juga Pulau Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), bahkan oleh sebagian pelancong nasional dan mancanegara yang mampir ke area destinasi wisata kawasan Senggigi.

Pada ajang Lomba Kampung Sehat tahun lalu (2020), Pantai Tanjung Bias mendapatkan penghargaan (awards) sebagai Tempat Wisata Tersehat di NTB dan mendapatkan hadiah dan piagam penghargaan dari Kepala Kepolisian Daerah NTB, Irjen Pol M.Iqbal bertempat di Ballroom Hotel Killa Senggigi Lombok Barat (Lobar), Senin, (9/11/2020).

Wisata Pantai Tanjung Bias tepatnya terletak di pesisir Dusun Karang Telage, Desa Senteluk, Kecamatan Batu Layar, Lombok Barat. Pantai ini memiliki daya tarik tersendiri, dengan latar belakang pemandangan Gunung Agung di Bali, serta indahnya matahari tenggelam di ufuk barat. Sehingga wisata ini sangat cocok menjadi tempat alternatif untuk berlibur bersama keluarga tercinta.

Ditemui saat turun di lokasi wisata Tanjung Bias Desa Senteluk, Hj. Khairatun, Ketua TP-PKK Lombok Barat mengapresiasi insiatif dari Desa Senteluk dan masyarakat yang telah mampu mengubah ikon Pantai Tanjung Bias yang selama ini tak terurus menjadi objek wisata baru di pesisir Pantai Batulayar.

“Dengan adanya destinasi baru yang ada di Desa Senteluk ini bisa membangkitkan pariwisata dan membangkitkan usaha masyarakat kita. Apalagi yang kita lihat Pemerintah Desa (Pemdes) juga membantu lewat Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dengan dibuatkan lapak-lapak kuliner yang direlokasi satu tempat dengan penataan yang sederhana tetapi bagus dan bersih,” katanya.

Khairatun turun ingin mencicipi aneka makanan dan minuman khas Lombok dengan berbagai menu mulai dari ikan bakar, cumi saus tiram, udang saus tiram, kepiting, kerang, mie goreng dan nasi goreng, aneka kopi, jus melon, jus apel, jus buah naga, jus pisang, jus nanas dan es kelapa muda.

“Kita datang kesini sambil mempromosikan wisata ini. Di sini juga menu makanannya tidak begitu mahal, terjangkau untuk masyarakat menengah ke bawah. Masyarakat yang mau menikmati suasana baru, Pantai Tanjung Bias salah satu alternatif untuk berlibur,” jelasnya.

Bukan hanya Hj. Khaeratun, Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid pun kerap menjadikan kuliner Pantai Tanjung Bias sebagai favorit. Usai melakukan pemantauan ke pos pengamanan terpadu (Pospam) Natal dan Tahun Baru (Nataru), Kamis, (31/12/2020), Bupati Fauzan Khalid dan anggota Forkopimda Lombok Barat menutup pemantauan dengan makan siang di Pantai Tanjung Bias.

Kepala Desa Senteluk, Fuad Abdul Rahman pada satu kesempatan menjelaskan pihaknya sangat bangga dengan desanya masuk program 100 desa wisata di provinsi. Karena sudah ada pengembangan destinasi wisata di desa dengan pengelolaan BUMDes.

“Beberapa fasilitas pendukung seperti lapak jualan, berugak, tempat spot selfi, 100 titik PJU, tempat parkir. Dari pemerintah desa sendiri sudah kita anggarkan sebesar 185 juta rupiah di tahun 2018 lalu. Sedangkan untuk bangunan kuliner dibangun swadaya dengan masyarakat,” ceritanya saat itu. (And)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed