by

Launching Perdana Posyqndu Keluarga”MAWAR” Desa Kekeri Wilayah Puskesmas Penimbung

Lombok Barat. Suaragirimenang.com – Posyandu Keluarga “MAWAR” Desa Kekeri, wilayah kerja Puskesmas Penimbung Kecamatan Gunungsari resmi terbentuk/di launcing ditandai dengan pemukulan Gendang Rebana oleh Sekretaris Camat (SEKCAM) Gunungsari, dalam acara Peresmian/Launcing Perdana pada hari Rabu,6/1/2021 bertempat di Halaman PAUD Halimatus sa’diah Dusun Kekeri Desa Kekeri Kecamatan Gunungsari Lombok Barat.

Acara tersebut dihadiri oleh Sekcam Gunungsari bersama tim, Dikes yang diwakili oleh Kasi Promkes bersama tim, Kepala Puskesmas Penimbung bersama Tim, Kepala Desa Kekeri dan jajarannya, Kader, serta sasaran Posyandu Keluarga.

Acara tersebut nampak ramai, namun tetap dilaksanakan dengan memperhatikan Protokol Kesehatan.

Posyandu Keluarga sebagaimana diketahui bertujuan untuk meningkatkan kinerja Posyandu sebagai terobosan dalam mempercepat penurunan kasus kematian ibu dan bayi serta gizi buruk dengan menjalin kemitraan dengan para pihak, seperti Tokoh Agama (Dai Kesehatan), LSM, dunia usaha dan multi sektor. Program ini sesuai dengan kebijakan Kementerian Kesehatan yaitu Indonsia Sehat melalui Pendekatan Keluarga.

Kepala Desa Kekeri, SULTHAN,SPd.I menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu membina Posyandu di Kekeri ini, terutama para Kader yang tetap semangat, sehingga saat ini dapat dikembangkan Posyandu Keluarga. Dengan adanya Posyandu keluarga ini diharapkan agar dapat membina keluarga, dan masyarakat Desa Kekeri sehingga menjadi Sehat Jasmani dan Rohani, imbuhnya.

Kepala Puskesmas Penimbung, Ns.JUAINI,SKep menyampaikan apresiasinya terhadap masyarakat Desa Kekeri, atas upayanya mewujudkan terbentuknya Posyandu Keluarga. Posyandu Keluarga Mawar ini merupakan Posyandu Keluarga Perdana/Pertama terbentuk di wilayah Puskesmas Penimbung, yang saat ini wilayah kerjanya terdiri dari 8 Desa, salah satunya adalah Desa Kekeri ini. JUAINI menyampaikan bahwa Posyandu Keluarga ini merupakan bagian dari Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat (UKBM), yang merupakan milik Masyarakat Desa, oleh Masyarakat Desa dan untuk Masyarakat Desa, bukan milik Puskesmas. Puskesmas hanya memberikan dukungan fasilitasi Tenaga Kesehatan Tekhnis untuk menerikan pelayanan kesehatan di Posyandu. Beliau menjelaskan Tujuan Posyandu Keluarga adalah sebagai upaya Screening atau penjaringan terhadap beberapa kasus, termasuk kasus penyakit Degeneratif seperti Darah Tinggi dan lain sebagainya. Yang diutamakan dalam posyandu Keluarga ini adalah upaya promotif dan preventif, agar yang terkena penyakit degeneratif dapat dikendalikan, serta masyarakat yang belum mengalami agar dapat mencegahnya. Kepala Puskesmas Penimbung berharap agar Posyandu Keluarga MAWAR ini, dapat menjadi contoh bagi Posyandu lainnya. Upaya-upaya advokasi kepada semua Kepala Desa dan jajarannya telah dilaksanakan di bulan januari 2021 ini, semoga semua desa di wilayah kerjanya dapat membentuk minimal 1 Posyandu Keuarga/Desa. Dengan demikian semua Desa yang ada memiliki Posyandu Keluarga, yang akan menjadi model Posyandu Keluarga di Desanya masing-masing.

SEKCAM Gunungsari MUSANIP,S.Sos, dalam arahannya menyampaikan bahwa Posyandu keluarga ini memang sangat diperlukan oleh masyarakat. Posyandu Keluarga sangat bermanfaat sebagai bentuk mendekatkan pelayanan yang komfrehensif kepada masyarakat. Beliau sangat berharap Posyandu Keluarga ini dapat menjadi wadah untuk menekan angka MERARIK KODEQ, angka Gizi Buruk, Stunting maupun kasus lainnya di masyarakat, sehingga Kesehatan Masyarakat semakin meningkat. MUSANIP menghimbau kepada Kepala Desa Kekeri agar lebih memperhatikan pembangunan sektor Pendidikan dan Kesehatan secara berkesinambungan, dengan mengarahkan Dana DD yang ada untuk membiayai kebutuhan di sektor kesehatan, seperti Posyandu Keluarga yang di launcing saat ini. Beliau sangat berharap semoga Peresmian Posyandu Keluarga “MAWAR” ini, dapat menjadi motivasi bagi Posyandu lainnya, agar segera menjadi Posyandu Keluarga.

Tingginya Peran serta Masyarakat Desa Kekeri nampak dengan banyaknya sasaran Posyandu Keluarga yang hadir di lokasi tersebut. Sasaran ibu, bayi, balita, anak-anak, remaja dan lansia yang nampak antusias mendatangi kegaiatan Posyandu Keluarga yang pertama kali dilaksanakan tersebut. (MAN)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed