by

Perserikatan BUMDES Indonesia Lombok Barat Dilantik, Wakil Bupati ingatkan Sinergi dan Kreatifitas.

Lombok Barat. Suaragirimenang.com – Pelantikan Dewan Pengurus Perserikatan BUMDES Indonesia kabupaten Lombok Barat berlangsung di aula kantor bupati rabu 27 januari 2021.

Acara yang dihadiri oleh Wakil Bupati lombok barat, Asisten ll, Kepala Dinas PMD, Dewan Pengurus PBI NTB dan para Pengurus yang akan dilantik diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya dan doa.

Dalam laporan singkatnya kepala dinas PMD lombok barat hery ramdan menyampaikan, ada beberapa hal yang melatar belakangi kegiatan rapat koordinasi dan pelantikan pengurus PBI tersebut. Diantaranya keinginan untuk berserikat dan bersatu dalam wadah PBI yang diniatkan sebagai sarana birokrasi, literasi dan informasi.

” Diharapkan dalam pembentukan PBI ini diharapkan sebagai wadah untuk berkoordinasi internal maupun eksternal guna membahas isu-isu penting yang terkait dengan BUMDES termasuk inisiatif dan menemukan solusi-solusi yang baik”. Harapnya

Dari kiri: Ketua PBI Lombok Barat,Asisten II Lombok Barat,Wakil Bupati Lombok Barat,Ketua PBI NTB,Kadis PMD Lombok Barat,Sekretaris PBI NTB dan Anggota

Selain itu Heri menambahkan, BUMDES dilandasi dengan dasar hukum tentang desa UU no 6 tahun 2014 serta UU no 11 tahun 2020 tentang cipta kerja dengan tujuan memperkuat persatuan BUMDES Indonesia serta sebagai sarana komunikasi dan informasi mengenai isu terkait BUMDES.

Selanjutnya dalam Sambutan singkatnya ketua DPD PBI NTB Putri munira menyampaikan terimakasih dan rasa bangga untuk dewan pengurus PBI lombok barat karena sejak dikukuhkan di provinsi Lombok barat adalah kabupaten pertama yang melaksanakan pelantikan pengurus PBI.

“Kami sangat bangga dengan lombok barat karena ini merupakan kabupaten pertama yang dilantik di Nusa Tenggara Barat”. Ungkapnya

Putri menambahkan, peran PBI ini untuk bergerak dan menyebar ke seluruh Indonesia sebagai wadah dan wahana komunikasi Dan informasi, representasi,konsultasi, fasilitasi, dan advokasi pengelola BUMDES se Indonesia.

Dalam acara tersebut sebanyak 32 anggota perserikatan BUMDES Indonesia Lombok Barat di kukuhkan oleh ketua PBI Provinsi dengan diawali pembacaan SK kepengurusan oleh sekretaris DPP PBI Provinsi NTB Lalu Okto Muhar Sabdi.

Sementara itu, wakil bupati lombok barat dalam sambutanya menyampaikan beberapa hal, diantaranya menegaskan tentang tanggung jawab sebagai pengurus BUMDES .

“Kedudukan pengurus BUMDES bukan jabatan seremonial dan bukan hanya formalitas karena harus ada kreatifitas dan efektifitas” tegas wakil bupati

Di akhir sambutanya Hj Sumiatun juga mengajak kepada seluruh pengurus perserikatan BUMDES untuk berinovasi dan menggali potensi yang ada di masing masing desa

“Mari berjuang agar BUMDES mnejadi kreatif dan inovatif, kemudian mengidentifikasi potensi yang ada seperti bidang ekonomi,pertanian,perikanan,perkebunan dan lainya agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dan memiliki nilai tambah untuk mensejahterakan masyarakat” tuturnya. (Abd)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed