by

Musrenbang Perubahan RPJMD Lobar 2019-2024 dibuka Sekda Lobar Secara Virtual

Lombok Barat. Suaragirimenang.com – Acara Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kab. Lobar Tahun 2019-2024 dibuka Sekretaris Daerah (SEKDA ) Lombok Barat. Dr. H. Baehaqi yang dilaksanakan secara virtual dari Ruang Jayengrane Kantor Bupati Lobar, Rabu (21/4).

Acara yang digelar oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Lobar ini akan dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 21 April hingga 22 April 2021. Dimana hari pertama, secara virtual dan hari kedua secara klinis bertempat di Hotel Jayakarta Senggigi.

Sementara itu dalam acara tersebut dihadiri juga oleh Asissten I Setda Lobar H. Agus Gunawan, Asisten III H.Ilham, seluruh perangkat OPD Lobar, tokoh agama, tokoh masyarakat, akademisi, dan beberapa organisasi.

Musrenbang Perubahan RPJMD tahun 2019-2024 membahas tentang program Lobar kedepan.

Dalam membacakan Sambutan bupati, Sekda Lobar H. Baehaqi mengatakan, dalam konteks Pemerintah Kabupaten Lombok Barat, terdapat beberapa alasan utama dilakukannya Perubahan RPJMD Kabupaten Lombok Barat yakni penyesuaian terhadap kebijakan pembangunan nasional sebagaimana tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020 tentang RPJMN Tahun 2020-2024, Penyesuaian terhadap nomenklatur program dan kegiatan sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 90 Tahun 2020 tentang Klasifikasi, Kodefikasi dan Nomenklatur Perencanaan Pembangunan Daerah dan Keuangan Daerah sebagaimana telah dimutakhirkan dengan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 050-3708 Tahun 2020 tentang Hasil Verifikasi dan Validasi Pemutakhiran Klasifikasi, Kodefikasi dan Nomenklatur Perencanaan Pembangunan dan Keuangan Daerah.

Juga Penyesuaian terhadap isu strategis terkait Pandemi Covid-19 yang sangat berdampak pada kehidupan sosial ekonomi di Kabupaten Lombok Barat.

“Saya sangat berharap diikuti dengan baik kegiatan ini karena kontribusi pemikiran dari semua pihak akan sangat membantu dalam penyempurnaan kualitas dokumen perubahan RPJMD Kabupaten Lombok Barat tahun 2019-2024 yang akan kita hasilkan nanti,”pungkasnya.

Acara ini juga menghadirkan narasumber Ketua DPRD Lobar Hj. Nurhidayah, Perwakilan Bappeda Provinsi NTB Badarudin serta Kepala Bappeda Lobar H. Akhmad Saikhu.

Sementara itu, Kabid Ditbang Renbang Deny Arif Nugroho selaku Ketua Panitia mengatakan hasil evaluasi tahun pertama pelaksanaan RPJMD Kabupaten Lombok Barat Tahun 2019-2024 memberikan rekomendasi untuk dilakukannya perubahan.

Beberapa hal yang mendasari diambilnya kebijakan untuk melakukan perubahan RPJMD Kabupaten Lombok Barat Tahun 2019 – 2024 yakni perubahan secara umum yaitu Pandemi Covid-19 yang menyebabkan dilakukannya refocusing anggaran Tahun 2020 untuk pemenuhan kebutuhan penanganan Covid-19 meliputi kesehatan, jaring pengaman sosial, dan penanganan dampak ekonomi. (Red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed