by

Vaksinasi Kelompok Lanjut Usia (Lansia) Wilayah Kuripan Lombok Barat, Lampui Target Hingga 328 Persen Lebih

Lombok Barat. Suaragirimenang.com – Vaksinasi terhadap kelompok lanjut usia (Lansia) di wilayah Kuripan Lombok Barat melampui target hingga 328 persen lebih. Dari target 138 orang yang harus divaksin, namun yang sudah divaksin sebanyak 453 orang. Pihak kecamatan bersama puskesmas serta dibantu aparat setempat terus menggenjot vaksiasi lansia untuk dosis kedua yang saat ini tengah berlangsung.

“Dari target vaksinasi 138 orang lansia, capaian kita 453 orang Lansia sehingga kalau dipersentase 328 persen. Capaian kita melebihi target untuk di kecamatan Kuripan,”kata Camat Kuripan Iskandar, S.Sos.,Senin (31/5). Tingginya capaian vaksinasi lansia ini tak lepas dari berbagai langkah sinergis yang dilakukan kecamatan, puskesmas, aparat dan desa baik itu sosialsiasi serta melakukan trik dengan mewajibkan penerima bantuan BLT divaksin. 

Foto Kepala UPT BLUD Puskesmas Kuripan M.Husni.SKM.

Disamping karena kesadaran warga soal pentingnya vaksinasi sudah meningkat di tengah-tengah masyarakat. Sehingga atas kesadaran masyarakat tanpa diberikan bantuan seperti BLT pun mereka datang sendiri untuk vaksin, setelah diberikan sosialisasi oleh kadus dan puskesmas. Menurutnya jauh lebih banyak warga datang atas kesadaran sendiri dibandingkan vaksinasi bagi penerima BLT. Seperti di Kuripan Iduk, vaksinasi bagi penerima BLT kurang dari 30 orang. Dibanding dengan di Kuripan Selatan, meskipun vaksinasi dilaksanakan malam hari tanpa pemberian BLT jumlah warga yang hadir sampai 38 orang.

“Disamping strategi kita lewat pemberian BLT, sekaligus pemberian vaksinasi, kami juga lewat sosialisasi pendekatan kepada masyarakat,”terangnya.

Pihaknya juga dalam pelayanan di kantor kecamatan maupun desa mewajibkan bagi warga menggunakan masker. Kalau tidak menggunakan masker, pihaknya mengingatkan mereka dengan bahasa santun untuk pulang mengambil masker. Setelah mereka memakai masker, barulah mereka dilayani.  Cara ini jelas dia cukup efektif untuk menaati prokes. Sementara itu, Kepala UPT BLUD Puskesmas Kuripan M.Husni.SKM. mengatakan untuk vakiasiasi, Khusus lansia sudah mencapai 453 orang. Saat ini tengah berlangsung vaksinasi dosis kedua, “dimulai minggu untuk dosis kedua,”ujarnya.  Pihaknya akan melakukan evaluasi terhadap progres vakisasi dosis kedua ini. (her)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed