by

Kunjungan Destinasi Wisata Gunung Jae, Bupati Fauzan Akan Prioritaskan jalan Keru-Sedau

Lombok Barat. Suaragirimenang.com –  Bupati Lombok Barat (Lobar) H. Fauzan Khalid melakukan peninjauan ke destinasi wisata Gunung Jae di Desa Sedau, Kec. Narmada seusai membuka Itsbat Nikah Terpadu di Kantor Desa Keru, Kecamatan Narmada, Kamis (24/6).

Bupati Fauzan saat ditemui di lokasi wisata Gunung Jae mengatakan, prioritas pertamanya untuk perbaikan jalan kabupaten dari Keru sampai dengan jalan menuju destinasi wisata Gunung Jae di Sedau ini.

“Kepastian perbaikan jalan kabupaten kita bulan Juli ini dan sudah tercatat. Insya Allah Juli ini karena bentuknya Penyelenggaraan Hibah Jalan Daerah (PHJD) langsung dari APBN dan bukan masuk APBD,” ungkap bupati.

Dia menambahkan, Penyelenggaraan Hibah Jalan Daerah (PHJD) dari Keru sampai Sesaot termasuk jalan ke destinasi Gunung Jae panjangnya sekitar 14 Km. Dari Keru ke Sedau kurang lebih 3 km.

“Kita dijanjiin dari Penyelenggaraan Hibah Jalan Daerah (PHJD) dari pusat sampai jangka waktu 3 tahun sebesar Rp 143 milyar. Dan nanti jalan yang akan kita perbaiki ini dengan kualitas kayak Provincial Road Improvement and Maintenance (PRIM) dari Pemerintah Australia,” katanya.

Termasuk kata dia, salah satu juga pendanaan untuk penataan destinasi wisata Gunung Jae ini yang nanti masuk di Kementerian Desa, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian PUPR dan Kementerian Dalam Negeri.

“Kemarin kita dua desa yang dapat yakni Desa Sesaot dan Sekotong Tengah dari Kementerian Desa. Dan ini insya Allah akan terealisasi secara bertahap dan tidak bisa langsung,” tutupnya.

Sementara itu Camat Narmada Muhammad Busyairi mengatakan, memang jalan Keru menuju Sedau ini banyak dikeluhkan oleh masyarakat di sekitar dan ini diharapkan untuk segera diperbaiki.

Di tahun 2019 jalan ini sebenarnya menjadi prioritas sama dengan jalan di Golong menuju Suranadi.

“Tetapi waktu itu syaratnya tidak boleh ada dum truk yang melintas yang membawa material dan di bulan ke empat tim ini turun sehingga akhirnya dibatalkan,” katanya.

“Ke depan untuk menunjang perekonomian masyarakat kita sangat berharap jalan ini bisa terlrealisasi untuk perbaikan jalan ini. Karena akses jalan yang rusak ini melintasi lima desa yakni Keru, Sedau, Lebah Sempage, Pakuan dan Sesaot, ini adalah desa-desa yang potensi sumber daya alamnya yang luar biasa seperti buah-buahannya,” katanya.

Dia menyebut, informasi dari Pak Bupati dan Kadis PUTR Lobar tadi bahwa  bulan Juli ini untuk kepastian apakah dapat atau tidak untuk perbaikan jalan Keru sampai Sedau ini.

“Misalnya tahun ini tidak dapat dan mungkin tahun depan kita diusulkan kembali. Yang penting dapat jalan kita diperbaiki,” imbuhnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua TP-PKK Lobar Hj. Khaeratun Fauzan Khalid, Kadis PUTR Lobar I Made Arthadana, Kadis PMD Lobar, Heri Ramadhan, Kadis Pariwisata H. Saeful Ahkam, Kadis Pertanian H. Muhur Zokhri, Kadis Perikanan dan Kelautan Lobar Lalu Sukawadi dan Kabag ProKoPi H. L. Moh. Hakam. (And)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed