by

Permudah Ekspor Hasil Pertanian,Kepala Balai Pertanian Mataram Tawarkan Lombok Barat Aplikasi Kementrian

Lombok Barat. Suaragirimenang.com – Bertempat di Ruang Kerjanya, Selasa, (27/7), Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid menerima kedatangan Arinaung, Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas I Mataram bersama Kepala Dinas Pertanian Lombok Barat H.Muhur Zohri, dan Asisten II Setda Lombok Barat Rusditah.

Adapun tujuan Kepala Balai Karantina Pertanian tersebut menawarkan atau menyampaikan aplikasi Kementrian Pertanian RI untuk mempermudah pemerintah daerah dalam ekspor hasil pertanian.

Aplikasi yang disampaikan Arinaung dapat memuat peta komoditi yang diekspor ke luar negeri termasuk persyaratan-persyaratan yang harus dilengkapi oleh pengekspor ke negara tujuan.

Selain itu Arinaung juga berharap Pemda Lombok Barat nantinya dapat menyiapkan admin sebagai operator yang akan mendata komoditi dan melihat kebutuhan pasar global melalui aplikasi tersebut.

Arinaung menyebut NTB memiliki potensi besar untuk mengembangkan komoditi termasuk Lombok Barat. Tapi menurutnya belum berorientasi ekspor.

“kita coba yang cepat-cepat dulu seperti cabe dan gula aren setelahnya Vanili. Kita lihat potensi ekspor dulu baru kita lakukan pembinaan,” ujarnya.

Bupati Lombok Barat H.Fauzan Khalid mendukung penuh Balai Karantina Pertanian Klas I Mataram dengan menyiapkan lahan. Untuk itu ia meminta Balai Karantina Pertanian Mataram sering-sering koordinasi dengan Pemerintah Daerah Lombok Barat. (Ddy)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed