by

Bupati Fauzan Buka Pelatihan Dasar CPNS Lobar

Lombok Barat. Suaragirimenang.com – Bupati Lombok Barat (Lobar) H. Fauzan Khalid membuka kegiatan Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (Latsar CPNS) Golongan II dan III di lingkup Pemerintah Kabupaten Lombok Barat berlangsung di Aula Kantor Bupati Lobar, Rabu (28/7).

“Kegiatan Latsar CPNS ini diikuti sebanyak 201 peserta, terdiri dari Tenaga Kesehatan 55 orang dan Tenaga Guru 146 orang,” kata Plt Sekretaris BKD-PSDM Lobar Ziaraturahman Bukhairi.

Ia mengatakan bahwa tujuan latsar adalah Distance Learning latsar CPNS Golongan II dan III lingkup Pemerintah Kabupaten Lombok Barat untuk membentuk PNS yang karakternya dibentuk oleh sikap, perilaku bela negara, mengaktualisasikan nilai-nilai dasar PNS dalam pelaksanakan tugas jabatannya dan mengaktualisasikan kedudukan. Selanjutnya peran PNS dalam kerangka NKRI serta menunjukkan penguasaan kompetensi teknis yang dibutuhkan sesuai dengan bidang tugas.

“Sasaran kita dari penyelenggaraan Distance Learning latsar CPNS Golongan II dan III lingkup Pemerintah Kabupaten Lombok Barat untuk pembentukan karakter dan sikap perilaku bela negara PNS di lingkup Kabupaten Lombok Barat sebagai pelayan masyarakat,” ujarnya.

Pelaksanaan latsar CPNS ini kata dia, dilaksanakan selama 599 JP atau setara dengan 70 hari dengan rincian meliputi pra Distance Learning dari tanggal 7-22 Juni 2021 dengan sistem MOOC (Belajar mandiri secara daring). Selanjutnya di tempat kedudukan peserta selama 279 JP atau setara dengan 40 hari kerja. Kemudian aktualisasi di tempat kerja peserta selama 320 JP atau setara dengan 30 hari kerja.

“Biaya penyelenggaraan untuk latsar CPNS formasi 2019 ini kita bebankan pada Dokumen Perubahan Pelaksanaan Anggaran (DPPA) BKD-PSDM Lobar Tahun 2021,” tutupnya.

Sementara itu, Bupati Lobar H. Fauzan Khalid mengatakan, pada hari ini bisa hadir bersama dalam rangka pelaksanaan pembukaan Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (Latsar CPNS) angkatan tahun 2019.

“Mudahan latsar CPNS ini mencapai tujuannya, bagaimana supaya peserta kita memiliki sikap, etika yang baik terkait dengan pemerintahan, memiliki pengetahuan dasar tentang kepemerintahan dan sekaligus mempraktekkan nilai-nilai yang terkandung dalam prinsip atau filosofi Bela Negara, Cinta Tanah Air Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ungkap Bupati Fauzan.

Dengan adanya latsar ini, ia berharap kepada semua ASN dan peserta latsar CPNS untuk ikut membantu pemerintah dan ikut membantu masyarakat bagaimana penegakkan protokol kesehatan Covid-19.

“Sekali lagi ini menjadi tugas kita semua untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan khususnya kepada adik peserta latsar CPNS,” tuturnya.

Dia juga berharap, walaupun nanti proses pembelajaran dan pelatihan tidak dilakukan secara langsung para peserta latsar CPNS untuk serius mengikuti pelatihan dasar ini. Karena sekecil apapun ilmu yang diperoleh pasti memiliki manfaat.

“Saya mengucapkan selamat kepada adik peserta latsar CPNS dan mudah-mudahan kita semua sehat di tengah pandemi Covid-19 ini, ” tutupnya.

Hadir pada acara tersebut Kepala BKD-PSDM Provinsi NTB H. Lalu Hamdi, Sekda Lobar H. Baehaqi, Asisten III Setda Lobar H. Ilham, Kadis Kesehatan Hj. No Made Ambaryati dan Kadis Dikbud Lobar H. Nasrun (And)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed