by

Gempur Rokok Ilegal, Pemkab Lobar dan Bea Cukai Mataram Ajak Pedagang Tolak Jual Rokok Ilegal

Lombok Barat. SuaraGiriMenang.com – Pemerintah Kabupaten Lombok Barat dan Bea Cukai Mataram tak henti gencarkan Sosialisasi Pemberantasan cukai Rokok ilegal Kabupaten Lombok Barat Desa Gunungsari Kecamatan Gunungsari kepada para Pedagang untuk menggempur Rokok ilegal,(16/9).

Dalam acara itu lasngung disambut Kasat Pol PP Lombok Barat, Hj. Baiq Yeni S. Ekawati, S.Sos., mengatakan acara tersebut dilakukan dari bagi hasil Cukai hasil tembakau (DBHCHT) dan pemberantasan rokok ilegal memberikan dampak positif kepada masyarakat guna mendorong pengusaha Rokok punya legalitas resmi.

“Supaya masyarakat tau rokok ilegal, dan cirinya, dan jangan terima Rokok ilegal, diantara tidak ada pita Rokok, menggunakan pita Rokok palsu, pita Rokok yang sudah pernah terpakai, terimalah yang legal,”Tegasnya

Kasat Pol PP menambahkan adapun di Lombok Barat kurang signifikan jika tidak melakukan Sosialisasi pada masyarakat guna memberikan pemahaman mana yang sudah berizin resmi atau tidak khusus para pedagang.

“Pemahaman ini kita sampaikan ke masyarakat, kalau beli rokok legal cukainya akan kembali ke masyarakat,”Tambahnya

Sementara itu, Perwakilan Kantor Bea Cukai Mataram selaku Narasumber Rizki mengatakan dengan adanya kegiatan ini untuk melakukan pembinaan pada masyarakat dan jika ada informasi terkait Rokok ilegal bisa langsung menghubungi Kantor Bea Cukai.

”Untuk mengetahui ilegal maupun legal, selama dia dikemas atau ada kode khusus itu dianggap barang kena Cukai karena menjual dalam bentuk eceran,”Terangnya

Rizki lebih menegaskan, untuk tembakau yang tidak bermerek tidak dikenakan pajak ini bertujuan untuk membantu para petani yang biasanya mengemas dengan Besar.

“Jika petani menjual ke pedagang, itu tidak kena cukai dan tidak harus bayar dari pita cukai, namun jika di desain lagi dengan kemasan lainnya dan ditaruhkan merek, baru pasti dikenakan cukai,”Tuturnya

Bukan hanya itu, Kepala Disperindag Lobar, H. Sabudin mengatakan pemkab Lobar juga bersuara untuk membantu para pedagang melakukan pembuatan izin usaha.

“Para pedagang, mari datang urus izin usaha cukup bawa KTP, dan bisa menggunakan HP,”Tegasnya

Lebih baik lagi, bagi masyarakat yang mau melaporkan peredaran rokok ilegal bisa menghubungi 081807945000 langsung direspon Kantor Bea Cukai.

Acara dihadiri Kadis Perindag Lobar, Kasat Pol PP Lobar, Sekertaris Pol PP Lobar, Bea cukai Mataram, prangkat Desa, Bhabinkamtibmas, Bhabinsa dan stake holder terkait.( Ivn)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed