by

Sandiaga Uno : Desa Wisata dan Ekonomi Kreatif, Lobar Termasuk yang Maju

Lombok Barat. Suaragirimenang.com – Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid bersama Forum Kepala Desa (FKD) Lobar berkoordinasi dengan Asosiasi Desa Kreatif Indonesia (ADKI) dan Menparekraf RI Salahudin Uno secara Virtual di Pendopo Bupati Lombok Barat, Rabu, (22/9).

Dalam Kesempatan tersebut Fauzan membahas masalah desa wisata dan ekonomi kreatif di mana Lobar secara formal sudah mendapatkan SK sebanyak 68 desa wisata dengan tingat kemajuan yang tinggi.

“Yang menarik Pak Menteri, tingkat majunya desa wisata ini sangat tergantung kepada semangat kepala desanya untuk mengajak masyarakatnya berkolaborasi,” kata Fauzan.

Ia juga menyinggung Desa Sesaot salah satu dari 3 Wisata Desa di Lombok Barat yang masuk 10 besar Anugrah Wisata Desa Indonesia (AWDI).

“Walaupun Desa Sesaot sudah masuk 10 besar tetapi bukan berarti desa-desa yang lain tidak maju Pak Menteri,” katanya.

“Beberapa desa dari sisi penerimaan PAD bahkan, itu sudah mereka rasakan belum lagi dari sisi wisata desa ini ikut mendorong ekonomi masyarakatnya,” lanjutnya.

Fauzan juga memberikan pemaparan masalah kekurangan pariwisata di Lombok Barat yakni masalah kebersihan lingkungan dan akses dan infrastruktur.

Di samping itu pula Fauzan berharap untuk ekonomi kreatif 70% dari kebutuhan kepariwisataan disediakan oleh pelaku ekonomi kreatif.

“Kalau masalah makanan dan oleh-oleh seperti beras, buah, insyaallah kami siap karena daerah kami subur,” ujarnya.

Fauzan menyebut Lombok Barat sangat membutuhkan pelatihan-pelatihan seperti pembuatan sandal hotel, sabun mandi hotel, dan sebagainya karena Lombok Barat membutuhkan sumber daya.

“Kami sangat berterima kasih kepada Menparekraf RI di tahun ini sudah memberikan banyak DAK untuk Lombok Barat yang diarahkan untuk pelatihan-pelatihan tersebut dan ke depannya ini kami lebih banyak membutuhkan,” ujar Fauzan.

Dalam meeting tersebut Fauzan juga mengatakan Lobar sudah memutuskan untuk Event-event di Lobar yang ada di masing-masing desa akan diangkat di tingkat kabupaten.

“Event-event ini nantinya akan diselenggarakan di masing-masing desa dimana adat istiadat event itu berasal sehingga bisa meningkatkan keparawisataan di desa dan meningkatkan perekonomian di desa” ujarnya.

Sementara itu di tempat yang berbeda, Sandiaga Salahudin Uno mengatakan akan segera menjadwalkan untuk datang berkunjung ke desa wisata di Lombok Barat.

“Nanti setelah kita mengunjungi desa wisata di Lombok Barat Pak Bupati, saya pingin mampir ke kantornya Bapak Bupati, mudah-mudahan silaturrahimnya dapet,” katanya.

Hadir mendampingi bupati di Aula Pendopo Lombok Barat, Kadis PMD, Kadis Kominfo, Kabid Destinasi Wisata Dispar, Kades Sesele dam Kades Penimbung. (Ysr/Pro)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed