by

Jaga Ekosistem Laut,Bupati Fauzan Khalid Lepas Anak Penyu di Pantai Kuranji

Lombok Barat. Suaragirimenang.com – Bupati Lombok Barat (Lobar) H. Fauzan Khalid melepasliarkan tukik (anak penyu) di Pantai Kuranji Dalang Kecamatan Labuapi usai melakukan sepeda santai bersama Lombok Barat Cycling Club (LBCC), Jum’at (24/09/2021).

Bupati mengatakan sangat mendukung kegiatan seperti ini dan ini sebagi bentuk menjaga kelestarian penyu sehingga menjaga ekosistem laut yang lebih sehat.

“Tentunya Pemda Lobar sangat mendukung kegiatan positif seperti ini,” katanya seraya melanjutkan diskusi sambil berjalan menuju pantai tempat pelepasan penyu.

Sementara itu, di tempat yang sama Kepala Desa Kuranji Dalang Sidik menuturkan Desa Kuranji Dalang merupakan satu dari Desa Wisata yang ada di Kab. Lobar dengan potensi alam berupa pantai dan juga wisata religi. Selain memiliki pantai yang indah Desa Kuranji Dalang juga memiliki penangkaran penyu sebagai daya tarik tambahan yang ada di Desa Kuranji Dalang. Semua potensi yang ada diharapkan bisa dimanfaatkan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.

Melalui penangkaran penyu tersebut sebagai salah satu bentuk pemberdayaan masyarakat setempat, karena yg mengelola masyarakat itu sendiri, sehingga dengan pemberdayaan tersebut angka pengangguran di desa bisa berkurang.

“Kami menyiapkan beberapa orang untuk mencari telur sepanjang pantai, kemudian telur tersebut kita tetaskan di penangkaran. Setelah penyu berusia 1 sampai 3 bulan, kita salurkan jika ada permintaan di acara- acara atau event-event tertentu,” ungkap kades.

Permintaan ini, lanjutnya, sampai keluar daerah yang sama-sama memiliki budidaya atau penangkaran penyu, ada juga permintaan tukik sampai manca negara.

“Penangkaran penyu ini sendiri dikelola oleh puluhan masyarakat desa, dengan luas sekitar dua setengah are kemudian luasan tersebut dibagi menjadi beberapa kolam, ada kolam pembibitan, ada kolam untuk penyu ukuran besar dan ada juga tempat penetasan telur penyu,” paparnya. (Pro)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed