by

Event Festival Pesona Senggi Akan Tampilkan 43 Penari dan Penyanyi Daerah NTB

Lombok Barat. Suaragirimenang.com – Sekitar 43 penari dan penyanyi daerah se-NTB siap tampil dalam rangkaian event Festival Pesona Senggigi 2021 yang digelar Dinas Pariwiwisata (Dispar) Lombok Barat (Lobar) bekerjasama dengan Aruna Senggigi Resort & Convention.

Bertajuk “Art Reborn”, para peserta yang berasal dari sejumlah sanggar dan sekolah yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) ini akan berlomba pada ajang Festival Tari Kreasi Daerah NTB dan Festival Lagu Daerah NTB tanggal 23 Oktober lusa.

“Kita sudah dapat total 43 peserta, dan itu sudah kita batasi dan tutup pendaftarannya sampai TM kemarin, agar penerapan protokol saat acara tetap bisa diterapkan, dan juga ketersediaan kamar kita yang sudah full,” ucap General Manager Aruna Senggigi, Weni Kristanti saat teknikal meeting bersama tim panitia pelaksana, Kamis (21/10/2021).

Disebutkan Weni, para peserta yang sudah mendaftarkan diri tidak hanya berasal dari Lombok Barat saja, namun dari sanggar-sanggar hingga sekolah-sekolah se-Provinsi NTB.

“Walaupun ini acara Lombok Barat, tapi gaungnya itu se-Provinsi, dan pesertanya tidak hanya dari sanggar saja, sekolah umum seperti SMK, SMA sampai Poltekpar juga ada yang ikut,” sebutnya.

Dari 43 total peserta lomba keseluruhan, akan ada 14 grup tari dari 12 sanggar dan sekolah yang berasal dari kabupaten di NTB, dan akan ada 17 peserta lomba menyanyi kategori dewasa dan 14 peserta lomba menyanyi kategori anak-anak.

“Kami juga menghadirkan tiga juri untuk masing-masing lomba, mereka-mereka ini rata-rata adalah pejabat di Dikbud Provinsi NTB, tapi disamping sebagai pejabat, mereka juga berprofesi sebagai master seni musik, koreografer hingga arranger,” sebutnya.

Setelah lomba digelar pada tanggal 23 Oktober, di tanggal 24 Oktober, acara akan dilanjutkan dengan Pagelaran Seni dan Budaya disertai pameran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) tanggal 24 Oktober, acara akan dilanjutkan dengan Pagelaran Seni dan Budaya disertai pameran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) hingga Food Parade dan gala dinner.

“Di tanggal 24 itu sekaligus pengumuman juara lomba, juga ada Pagelaran Seni Budaya seperti Drama Musikal dan juga penampilan dari masing-masing juara lomba,” pungkasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dispar Lobar Saepul Akhkam mensyukuri bahwa tujuan dari event ini sudah tercapai bahkan sejak sebelum event dimulai.

“Kegiatan ini memiliki tujuan, kalau tujuan kita tidak tercapai maka gagal acara itu, tujuannya itu yaitu meningkatkan staycation,” jelas Akhkam.

Walaupu jumlah total peserta hanya 43 orang, namun keterisian kamar hotel yang yang mencapai angka seratus persen disebutkan Akhkam merupakan tujuan utama.

“Alhamdulillah dari tanggal 22 di Aruna sudah full booked, bukan hanya dari peserta, namun dari para keluarga dan tamu-tamu yang mau menyaksikan gelaran ini,” ucapnya.

Ia kemudian berharap kegiatan hasil kolaborasi antara pentahelix kepariwisataan di Lombok Barat seperti ini bisa memberikan imbas positif bagi kawasan wisata secara menyeluruh. (Nng)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed