by

Pemkab Lombok Barat dan Kejari Mataram Jalin MoU Pendampingan Hukum Terhadap Pemerintah Desa

Lombok Barat. Suaragirimenang.com– Pemerintah Kabupaten Lombok Barat (Lobar) dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Mataram menjalin Memorandum of Understanding (MoU) pendampingan hukum terhadap Pemerintah Desa se-Lombok Barat. “Alhamdulillah hari ini kita bisa bersilaturahmi untuk menyaksikan dan melakukan MoU penandatanganan antara Kejari Mataram dengan para Kepala Desa se-Kecamatan Gunungsari dan Batulayar yang diinisiasi oleh Inspektorat dan Dinas PMD Lombok Barat,” kata Bupati Lobar H. Fauzan Khalid saat memberi sambutan di Aula Kantor Camat Gunungsari, Kamis (4/11).

Dia menyebutkan, kegiatan ini kali ketiga sebelumnya sudah menjalin MoU yang dilaksanakan di Kecamatan Sekotong-Lembar, kemudian Narmada-Lingsar dan hari ini Kecamatan Gunungsari-Batulayar. “Kegiatan MoU ini dibagi menjadi empat gelombang untuk melakukan penandatangan MoU semacam ini. Terakhir itu kita melaksanakan penandatangan MoU di Kecamatan Labuapi-Gerung. Kegiatan ini secara pribadi saya sangat mendukung dan sudah seharusnya para Kepala Desa juga mendukung karena ini manfaatnya justru untuk rekan Kepala Desa,” pintanya.

Dikatakan dia, tujuan diaudit oleh Inspektorat itu betul untuk mencari kesalahan tetapi mencari kesalahan untuk diperbaiki bukan untuk dihukum dan bukan untuk dipidanakan. Bahkan termasuk di dinas-dinas dan Sekretariat Daerah yang notabene di bawah Sekretaris Daerah itu juga diperiksa oleh Inspektorat. “Saya ingin sekali semua Dinas, Kecamatan dan Desa setiap tahun diperiksa. Cuma memang persoalan SDM kita yang masih sangat minim dan termasuk persoalan anggaran yang masih belum mencukupi yang ideal. Hal seperti itu tidak bisa kita lakukan,” terangnya.

Dia menambahkan, kalau di Peraturan Mendagri melalui Menteri Keuangan Pemda diminta menganggarkan Inspektorat itu minimal 0,5 persen. Tujuan dari itu untuk menjaga, memastikan bahwa pengelolaan anggaran di daerah itu betul-betul dilakukan secara efektif dan efisien. “Alhamdulillah sekarang kita melangkah lebih maju lagi yang awalnya hanya audit Inspektorat. Sekarang berkat inisiasi dari Inspektorat, Dinas PMD dan dilanjutkan dalam bentuk kerja sama dengan Bapak Kejaksaan Negeri Mataram. Tidak hanya dalam konteks memeriksa keuangan tetapi juga nanti ada bimbingan teknis dari sisi hukum,” tutupnya.

Hadir mendampingi Bupati, Kepala Kejaksaan Negeri Mataram Yusuf, Kepala Inspektorat Lobar Hademan, Kadis PMD Lobar Heri Ramadhan, dan Camat Gunungsari H. M. Mudasir. (And/Pro)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed