by

MTQ XXIX Tingkat Kabupaten Lombok Barat Akan Digelar di Kecamatan Narmada

-Nasional-86 Views

Lombok Barat. Suaragirimenang.com– Pemerintah Kabupaten Lombok Barat (Lobar) melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) akan menggelar pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) XXIX Tahun 2021 tingkat Kabupaten Lombok Barat pada tanggal 26-30 November 2021 mendatang di Kecamatan Narmada atau yang dikenal dengan Kota Air.

“Sesuai dengan arahan Bapak Bupati memang penyelenggaraan MTQ Tingkat Kabupaten Lombok Barat kita adakan agak lambat karena situasi Pandemi Covid-19 yang trennya naik turun,” ujar Asisten I Bidang Pemerintahan dan Aparatur Setda Lobar Agus Gunawan saat Ekspose Persiapan Pelaksanaan MTQ Kabupaten Lombok Barat di Aula Kantor Bupati Lobar, Jum’at, (12/11).

Dia menyebut, sebenarnya kegiatan MTQ XXIX Tingkat Kabupaten Lombok Barat akan diselenggarakan pada tanggal 20-24 November 2021 tetapi diundur dan ditetapkan akan diselenggarakan pada tanggal 26-30 November 2021 mendatang.

“Alasan kita undur karena penyelenggaraannya untuk menyukseskan kegiatan serbu vaksinasi dan kegiatan WSBK karena Lombok Barat sebagai kabupaten penyangga dari Lombok Tengah,” katanya.

Dia juga menambahkan, lokasi atau tempat diselenggarakan MTQ XXIX Tingkat Kabupaten Lombok Barat sebagai arena utama di Gedung Seni dan Budaya Narmada dan beberapa masjid serta pondok pesantren di Narmada.

“Kita semua mulai hari ini kepada kepala OPD sudah membaca dan menelaah Surat Keputusan (SK) Bupati Lombok Barat Nomor:188.45/626/Kesra/2021 Tentang: Pembentukan Panitia Penyelenggara Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) XXIX Tingkat Kabupaten Lombok Barat Tahun 2021 tersebut, tugasnya apa dan koordinasinya kemana,” katanya.

Sementara itu, Kabag Kesra Setda Lobar Maksum mengatakan, bahwa tema Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) XXIX Tingkat Kabupaten Lombok Barat Tahun 2021 “Implementasi Nilai-Nilai Universal Al-Qur’an Untuk Masyarakat Lombok Barat Yang Mantap Iman dan Imun Menuju Lombok Barat Bebas COVID-19”.

“Cabang yang akan kita lombakan di Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) XXIX Tingkat Kabupaten Lombok Barat Tahun 2021 di Arena Utama atau Majelis I mulai dari Tilawah Anak-anak Putra-Putri, Tilawah Remaja Putra-Putri, Tilawah Dewasa Putra-Putri, Tilawah Cacat Netra Putra-Putri,” katanya.

Dia menambahkan, untuk Majelis II yang berlokasi di Masjid Jami’ Nurul Jihad Muhajirin Narmada cabang yang dilombakan Tartil Al-Qur’an Putra-Putri, Qira’at Murattal Remaja Putra-Putri, Qira’at Murattal Dewasa Putra-Putri, Qira’at Mujawwad Dewasa Putra-Putri. Kemudian untuk Majelis III berlokasi di Masjid Ponpes Nurul Haramain Putra Lembuak Narmada dan cabang yang dilombakan Hifz Al-Qur’an 1 Juz dan Tilawah Putra-Putri, Hifz Al-Qur’an 10 Juz Putra-Putri.

“Di Majelis IV berlokasi di Masjid Al-Maqbul Nyur Lembang Narmada cabang yang kita lombakan Hifz Al-Qur’an 5 Juz dan Tilawah, Hifz Al-Qur’an 20 Juz. Kemudian di Majelis V berlokasi di Masjid Ponpes Al-Furqon Batu Kuta Narmada cabang yang akan dilombakan meliputi Hifz Al-Qur’an 30 Juz, Tafsir Bahasa Arab Putra-Putri, Tafsir Bahasa Indonesia Putra-Putri, Tafsir Bahasa Inggris Putra-Putri,” jelasnya.

Selanjutnya kata dia, di Majelis VI berlokasi di Lapangan Futsal Ponpes Nurul Haramain Putra Lembuak Narmada cabang yang dilombakan Fahm Al-Qur’an Putra, Fahm Al-Qur’an Putri, Syarh Al-Qur’an Putra, Syarh Al-Qur’an Putri. Kemudian di Majelis VII berlokasi di Aula Ponpes Nurul Haramain Putri Narmada cabang yang dilombakan Khot Al-Qur’an Naskah, Khot Al-Qur’an Hiasan Mushaf, Khot Al-Qur’an Dekorasi, Khot Al-Qur’an Kontemporer. Dan terakhir di Majelis VIII berlokasi di SMA Negeri 1 Narmada cabang yang dilombakan Musabaqoh Makalah Ilmiah Al-Qur’an (M2IQ) Golongan Putra-Putri. (And/Pro)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed