by

Bupati Fauzan Khalid Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Masjid Al-Bagis Lingsar

Lombok Barat. Suaragirimenang com – Bupati Lombok Barat (Lobar) H. Fauzan Khalid melakukan peletakan batu pertama pembangunan Masjid Al-Bagis di Dusun Lingsar Timur, Desa Lingsar, Kecamatan Lingsar, Minggu (12/12).

Peletakan batu pertama pembangunan Masjid Al-Bagis disaksikan oleh Sekda Provinsi NTB H. Lalu. Gita Aryadi, Ketua DPRD Lobar Hj. Nurhidayah, anggota DPRD Lobar Fraksi Demokrat Indra Jaya Usman, Asisten II Setda Lobar Rusditah, Kepala Bappeda Lobar Suparlan, Camat Lingsar Marzuqi, Danposramil Lingsar Pelda Budi Sujarwo, Kanit Provos Polsek Lingsar Aipda I Putu Adyanthara, Donatur Pembangunan Salim Al-Bagis, Ketua Pembangunan Masjid Al-Bagis HM Kasdiono, Kades Lingsar Sahyan, tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat.

Ketua panitia pembangunan Masjid Al-Bagis H. Muhammad Kasdiono saat sambutan mengatakan, masjid ini dibangun di atas sebidang tanah yang diwakafkan oleh keluarga besar Salim Al-Bagis. Bukan saja tanah yang diwakafkan tetapi sebagian besar dana pembangunan masjid ini bersumber dari keluarga besar Salim Al-Bagis.

“Setelah kita lakukan pengukuran arah kiblat Masjid Al-Bagis ini masih membutuhkan sejumlah area untuk perluasan yang kebetulan di lokasi ini ada beberapa tanah pemda, sehingga kami masih membutuhkan kontribusi semua pihak,” ujar Mantan Anggota DPRD Provinsi NTB ini.

Dia menyebut, InsyaAllah dengan kehadiran semua pihak di sini merupakan sebuah persetujuan mereka atas kebutuhan lahan bagi pembangunan masjid ini.

“Dan kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung pembangunan masjid ini,” tutupnya.

Sementara itu Sekda Provinsi NTB Lalu. Gita Aryadi menyampaikan, apa yang dikatakan oleh ketua panitia tadi menyebutkan di lokasi pembangunan masjid Al-Bagis ini merupakan ada sebagian dari tanah pemda.

“Dan Insya Allah apabila dimanfaatkan oleh masyarakat ini akan didukung, tujuannnya sangat bagus untuk pembangunan masjid, mudah-mudahan masjid ini segera hadir di tengah masyarakat kita,” katanya singkat.

Di tempat yang sama, Bupati Lobar H. Fauzan Khalid mengatakan, Insya Allah pembangunan Masjid Al-Bagis akan lancar semua berkat pertolongan Allah SWT dan keluarga besar Al-Bagis.

“Sebelum pembangunan masjid ini, saya bersama Sekda telah melihat pembangunan masjid lumbung di Batu Kumbung yang tanahnya merupakan wakaf dan sumbangan dari Alumni SMA Negeri 1 Narmada dan pengelolaaanya sangat baik. Saya berharap Masjid Al-Bagis ini nantinya mencontoh pengelolaan Masjid Lumbung tersebut, meskipun kecil namun sangat nyaman,” jelasnya.

Dia menambahkan, Masjid Al-Bagis ini ke depan akan terintegrasi dengan kuliner yang diinisiasi oleh pokdarwis di sini sehingga unsur dakwah, pariwisata serta kebersihannya tetap terjaga dengan baik.

“Namun kita bersama mengetahui bahwa masjid itu simbol kewajiban kita untuk menjaga kebersihan terutama kebersihan toilet masjid itu sendiri. Bersih dari nakjis merupakan syarat sah sholat yang merupakan lebih tinggi derajatnya dari rukun sholat itu sendiri. Sumber nakjis adalah toilet, maka seharusnya toilet masjid itu harus bersih, mudah-mudahan Masjid Al-Bagis ini bisa menjadi contoh bagaimana mengelola masjid dengan bersih,” pintanya.

Dia katakan, semangat masyarakat dalam pembanguanan masjid sangat luar biasa. Dan berharap mudahan semangat ini bisa ditindaklanjuti dengan memakmurkan masjid. (Abd/Pro)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed