by

Bupati Fauzan : Penyederhanaan Birokrasi untuk Memudahkan Pelayanan kepada Masyarakat

Lombok Barat. Suaragirimenang.com –  Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid menyambut baik kebijakan pemerintah pusat dalam melakukan penyederhanaan birokrasi. Hal ini diharapkan dapat memudahkan dan meningkatkan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat. Hal tersebut disampaikan Bupati Fauzan dalam kegiatan sosialisasi

mekanisme kerja jabatan fungsional hasil penyetaraan jabatan Senin, 17/01/22 di Aula Kantor Bupati Lombok Barat.

Bupati mengatakan bahwa hal ini merupakan kebijakan dan perintah langsung dari Pemerintah pusat untuk memotong alur birokrasi dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat. Selain di Lombok Barat hal ini juga dilakukan di seluruh indonesia. Ia mengatakan Lobar menjadi yang terdepan  dalam melakukan penyederhanaan birokrasi diantara Kabupaten/kota di Indonesia. Ia berharap agar para ASN yang berada pada jabatan fungsional dapat menjalankan fungsinya dengan sebaik mungkin untuk kepentingan masyarakat Lombok Barat. “Saya minta kepada semua ASN yang berada pada jabatan fungsional untuk bekerja sebaik mungkin untuk mengabdi kepada masyarakat Lombok Barat” ujarnya.

Sementara itu, Sekda Lombok Barat DR H. Baehaqi mengatakan bahwa pihaknya akan mengadakan monitoring secara tidak terjadwal ke semua OPD untuk memantau secara langsung kinerja dan menejemen dimasing-masing OPD. Hal ini menurutnya bukan dalam bentuk sidak melainkan bentuk sosialisasi dan diskusi serta pembinaan terkait mengenai apa yang menjadi kendala atau apa yang menjadi persoalan sehingga beberapa menejemen di instansi tidak jalan. Ia mengatakan bahwa hal ini tentu akan menjadi bahan laporan ke pimpinan, sehingga mana instansi yang membutuhan akan mendapat bimbingan dan arahan hingga tercapai tujuan terutama yang sudah tertuang di dalam RPJMD. Ia juga menambahakan agar semua OPD menyiapkan matriks kerja bulanan sehingga memudahkan untuk melakukan monitoring terhadap kinerja OPD

“Ini bukan sidak ini adalah diskusi yang ingin kita tahu apa yang menjadi kendala sehingga beberapa menejemen tidak jalan dan disitu kami selaku team monitoring akan memberikan bimbingan dan solusi untuk menyelesaikan masalah” ujar Baehaqi.

Sementara itu Asisten Daerah III Setda Lombok Barat H. ilham, M. Pd mengatakan bahwa dalam rencana kerja strategis Pemerintah Priode 2019-2024, disebutkan bahwa penyederhanaan birokrasi menjadi prioritas penting Pemerintah untuk memudahkan pelayanan kepada rakyat. Terdapat beberapa tahapan dalam penyederhanaan birokrasi antara lain yang pertama penyederhanaan struktur organisasi, kedua penyetaraan jabatan, dan ketiga penyesuaian sistem kerja. Ia mengatakan bahwa untuk point pertama  Lobar sudah melaksakan serta mendapat persetujuan dari menteri pada bulan oktober lalu. Hal ini menjadi dasar bagi Lobar untuk melakukan penyederhanaan birokrasi. Ia berharap agar kinerja ASN bisa meningkat dengan adanya penyederhanaan birokrasi. “Kami harapkan kinerja ASN terus meningkat pada jabatan fungsional karena hal ini terkait dengan point dan angka kredit bagi ASN tersebut. Semakin baik kinerjanya semakin baik point atau angka kreditnya” ujarnya.

Acara ini dihadiri oleh Bupati, H. Fauzan Khalid, Sekda Lobar, Dr. H. Baihaqi, Para Asisten, para kepala OPD, para camat se-kabupaten Lobar.

Berita : (Diskominfotik/Windi)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed