by

Bupati Fauzan Khalid Buka Bimtek Penyusunan Sasaran Kinerja dan Penilaian Kinerja ASN

Lombok Barat. Suaragirimenang.com – Pemerintah Kabupaten Lombok Barat melalui Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKD-PSDM) Kabupaten Lombok Barat menggelar bimbingan teknis penyusunan sasaran kinerja dan penilaian kinerja ASN berdasarkan PP Nomor 30 tahun 2019 tentang Penilaian Kinerja Pegawai Negeri Sipil dan Permenpan-RB nomor 8 tahun 2021 tentang Sistem Manajemen Kinerja Pegawai Negeri Sipil.

Bimtek tersebut diikuti oleh 65 orang dari Kasubag Umum dan Kepegawaian lingkup Pemerintah Lombok Barat dan resmi dibuka oleh Bupati Lombok Barat H.Fauzan Khalid bertempat di Hotel Jayakarta Senggigi, Kamis (17/2).

Asisten III Setda Lombok Barat H.Ilham yang juga sebagai Plt Kepala BKD-PSDM Lombok Barat menyebutkan dengan lahirnya Peraturan Presiden (Prepres) Nomor 81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi telah membawa perubahan yang sangat fundamental terhadap tata kelola pemerintahan di Republik Indonesia.

Reformasi birokrasi mengubah banyak hal dalam tatanan pemerintahan mulai dari prubahan pola pikir, perubahan birokrasi, perubahan kepengawasan kemudian tata kerja dan lain sebagaianya. Ini berkat perubahan fundamental Perpres Nomor 81 tahun 2010.

Tidak hanya itu, perubahan sistem pada pemerintahan juga disebutkan ada perubahan terjadi seperti mengarah kepada sistem elektronik. Kemudian menuntut aturan-aturan yang ada untuk disesuaikan dengan grand design Reformasi Birokrasi sejak tahun 2010 dan diharapkan dapat tercapai di tahun 2025 mendatang

“Seperti Undang-undang Hak Cipta. Kaitannya juga dengan ASN Undang-undang Nomor 5 tahun 2014 tentang ASN kemudian ada turunannya juga PP No 11 tahun 2017 tentang Manajemen ASN,” kata Ilham.

Kemudian terakhir, lanjut Ilham, lahirnya PP 30 tahun 2021 tentang Sistem Kinerja ASN kemudian ada turunannya lagi lahirnya Kemenpan RI Nomor 8 tahun 2021 kaitannya juga dengan kinerja ASN.

Sementara saat ini, ujar Ilham, Sistem penilaian kinerja masih merujuk pada PP 46 tahun 2019 tentang kinerja di mana PP itu fokus pada proses kinerja. Tapi di PP 30 bukan lagi penekanan pada proses tapi ditekankan pada output atau hasil.

Jadi menurut mantan Kepala Dinas Dikbud itu terkait itu perlu upate ilmu dan kemampuan teknis tentang bagaimana menyususn SKP, bagaimana menyusun kinerja pegawai supaya dapat diupdate sesuai kebutuhan organisasi.

Untuk itu, ia mengajak kasubag umum dan kepegawaian se-Kabupaten Lombok Barat untuk bersama-sama mengelaborasi, mendalamai tentang perubahan pada PP 46 menuju PP 30 tahun 2021.

“Supaya kinerja ke depannya dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi kinerja oleh kita untuk kita,” harapnya.

Diakui, sejauh ini penilaian kinerja yang diberikan kepada bawahan tidak menggambarkan kinerja yang sesungguhnya secara umum.

“Kita sering memberikan penilaian bagus namun kita sering mengeluh terhadap kinerja bawahan kita,” ucapnya.

Jadi dengan kegiatan ini diharapkan ke depan dapat memberikan penilaian kinerja yang betul-betul diharapkan. Dan menjadi bahan evaluasi tim dan evaluasi kinerja daerah.

“Jadi hasil evaluasi, demosi dapat dinilai dari penilaian kinerja,” cetus Ilham.

Sementara, Bupati H.Fauzan Khalid menyebut kegiatan bimtek yang diselenggarakan oleh BKD-PSDM Lombok Barat ini lebih banyak pada masalah administratif.

“Jadi administratif itu penting karena jadi alasan kuat untuk membuat kebijakan,” kata Fauzan.

“Walaupun bersifat administratif tapi tentu juga itu penilaian suatu hubungan dengan bawahan. Bagaimana capaian yang sudah ditentukan oleh Ibu Bapak semua tentu bawahan akan berusaha maksimal untuk mewujudkan semuanya,” sambungnya.

Untuk itu bupati minta narasumber dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) Pusat Suharto agar membuka semua hal terkait perundang-undangan, kreativitas, dan aplikasi supaya Pemerintah Lombok Barat dapat mencontoh dan tentu kinerja-kinerja di Pemerintahan terukur dan ujungnya untuk kesejahtraan masyarakat Lombok Barat.

Sumber :  (ProKopi Lobar)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed