Pemda Lombok Barat Akan Bangun Trigona Park di Bengkaung

Lombok Barat. Suaragirimenang.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Barat akan membangun Trigona Park di Desa Bengkaung, Kecamatan Batulayar.

Alasannya, karena kawasan desa ini dikenal dengan sentra budidaya Madu Trigona. Tujuan dibangunnya Trigona Park ini untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki seperti wisata alamnya serta untuk memajukan perekonomian masyarakat.

“Fasilitas yang akan kita bangun sesuai master plan kawasan Trigona Park seperti area parkir, kantor Trigona Park, loket, lapak dagang, mushola Trigona Park, kolam dewasa, kolam anak-anak, tempat ganti, bak penampung air, area bermain anak, kamar mandi/WC umum, aula pertemuan, restoran, rumah pengelolaan Madu Trigona, area budidaya lebah Trigona, area taman bunga, dan sumur bor,” ujar Konsultan Perencana Dispar Lobar Putu Eka Budhi S saat Ekspose Rencana Penataan Trigona Park di Desa Bengkaung di Ruang Jayengrana, Kamis (24/2).

Sementara itu, Bupati Lobar H. Fauzan Khalid mengatakan, perencanaan untuk membangun Trigona Park bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 3,4 milyar.

Anggaran yang tersedia sekarang Rp 1,2 milyar dengan memilah yang tepat mana yang harus didahulukan dan mana yang belum.

“Jadi bisa kita pilah mana yang lebih prioritas dari anggaran Rp 1,2 milyar untuk dibangun sehingga nanti kalau ada anggaran lagi tinggal ditambahkan,” katanya.

Dia juga menyebut, Desa Bengkaung alhamdulillah sudah mulai tumbuh sebagai kawasan wisata dan tinggal untuk memperhatikan lingkungan sekitar.

“Saya mendapatkan informasi dari wisata Taman Langit saja rata-rata pendapatan Rp 30 juta perbulan masuk pajak ke daerah. Dan belum yang lain misalnya retribusi parkir bisa dimaksimalkan,” terangnya.

“Belum lagi kita berbicara lapangan pekerjaan dengan adanya Trigona Park dan ini sangat luar biasa untuk masyarakat kita. Dan mudah-mudahan dengan adanya Trigona Park menjadi magnet bagi masyarakat kita yang lain sehingga di sekitar lokasi ini tumbuh juga usaha-usaha penginapan,” tutupnya.

Baca Juga:  Direktorat Mitigasi Bencana BNPB RI Audiensi Untuk Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) di Lobar

Turut hadir pada acara tersebut, Asisten I Setda Lobar Agus Gunawan, Asisten II Setda Lobar Rusditah, Kadispar Lobar H. Fajar Taufik, Kepala BPKAD Lobar Fauzan Husnaidi, Kadis Ketahanan Pangan Lobar Damayanti, Perwakilan dari Inspektorat Lobar, Kabag Pembangunan dan Kades Bengkaung.

Sumber : (Prokopi Lobar)

Leave a Reply

Your email address will not be published.