by

BAZNAS Lombok Barat Salurkan Zakat Kepada Ratusan Warga

Lombok Barat. Suaragirimenang.com – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Lombok Barat melakukan kegiatan tasarruf ( penyaluran) zakat infaq sodakoh ( ZIS)
untuk foqoro,masakin muallaf dan LKS se Lombok Barat yang berlangsung di Gedung seni budaya Narmada Lombok Barat pada kamis,24 Maret 2022.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung Bupati Lombok barat H. fauzan khalid,Ketua baznas Lombok barat tgh Muhammad taisir al-azhar,kabag kesra lombok barat,unsur muspika kecamatan narmada dan ratusan masyarakt penerima zakat.

Sebelum pembagian zakat kepada para penerima, ketua Baznas dalam laporannya dihadapan bupati menyampaikan, hingga saat ini baznas telah menyalurkan zakat sebesar dua miliar lebih, jumlah tersebut merupakan akumulasi dari zakat yang dikeluarkan sejak kepengurusan baru baznas hingga penyaluran di acara tersebut

“alhamdulillah pk bupati,zakat yang kami salurkan kepada masyarakat yang berak menerima zakat sudah dua miliar lebih, itu terhitung dari sejak kami dilantik hingga penyaluran zakat pada hari ini” terang tgh taisir

Taisir menerangkan, sebelumnya penyaluran dana zakat terdistribusi dengan berbagai program seperti bantuan bencana banjir, pemberian zakat produktif untuk pedagang kecil berupa modal dan beasiswa untuk para pelajar dan mahasiswa serta membantu pengobatan masyarakat yang kurang mampu hingga penyaluran langsung kepada para penerima lainya.

Dalam keteranganya , Tuan Guru alumni Al Azhar itu merincikan kegiatan tasarruf (penyaluran ) tersebut dilakukan di seluruh kecamatan yang ada di Lombok barat. Yang berlangsung dari tgl 21 hingga 31 Maret 2022.
” Alhamdulillh kita sudah melakukan penyaluran zakat di beberapa kecamatan yakni ,Kuripan,Gerung,Labuapi dan kecamatan narmada serta Lingsar selajutnya akan ke kecamatan lain di seluruh Lombok Barat”.

Sementara itu. Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid dalam sambutanya menyampaikan tentang kesadaran memiliki kemampuan lebih, perlu ditingkatkan untuk membantu org lain yang kurang mampu. Karena itu bupati juga mengapresiasi BAZNAS dalam penyaluran dan upaya mengumpulan zakat.

Selain itu, Fauzan berharap tahun ini Basnaz dapat mencapai target sepuluh miliar dari potensi zakat yang ada.

“Target BAZNAS tahun ini 10 miliar, mudah mudahan bisa terwujud” kata Bupati

Bila target tersbut dapat terlampaui, akan lebih banyak lagi masyarakat yang bisa dibantu. Bupati mencontohkan orang yang sakit dan dirujuk keluar daerah atau pemberian modal usaha agar terhindar dari Bank Subuh dapat dibantu.

“Insyaalh kalau bisa sepuluh miliar,lebih banyak lagi yang bisdibantu”pungkasnya.

Bupati berharap agar Baznas bisa mengumpulkan lebih banyak zakat sehingga bisa disalurkan lebih banyak lagi kepada yang berhak menerima atau para mustahiq.

Dalam giat tersebut, Bupati di dampingi ketua Baznas secara simbolis memberikan zakat kepada penerima. Selanjutnya Baznas menyalurkan 210 paket sembako serta uang masing masing seratus ribu untuk foqoro dan masakin,uang sebesar satu juta rupiah untuk 42 orang muallaf,sebanyak 36 Lembaga Kesejahteraan sosial Anak (LKSA) dengan mendapatkan bantuan lima juta rupiah dan bantuan untuk Ponpes,Masjid dan Musholla dengan jumlah tujuh puluh juta rupiah.

(Abd)

News Feed