by

Tingkatkan Kemampuan Pengurus PKK Desa/Kelurahan, TPP PKK Lombok Barat Gelar Lomba Pidato

Lombok Barat. Suaragirimenang.com – Untuk meningkatkan kapasitas Pengurus TP PKK Desa Se Lombok Barat, TP PKK Kabupaten Lombok Barat menggelar sejumlah kegiatan. Kegiatan tersebut antara lain Lomba Pidato/penyuluhan Narkoba, Membaca Buku Cerita dengan Suara Nyaring dan Seleksi Inovasi Pengelolaan bagi Ketua TP PKK Desa/Kelurahan Tingkat Kabupaten Lombok Barat Tahun 2022. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Bupati Lobar Kamis, (30/06/2022) ini dihadiri oleh Ketua TP PKK Lobar Hj. Khairatun Fauzan Khalid, Perwakilan BNN Provinsi NTB, Sekdis DP2KBP3A, seluruh ketua TP PKK Desa/Kelurahan Kabupaten Lombok Barat serta Tim penilai Lomba TP PKK Kabupaten Lombok Barat.

Dalam sambutannya Ketua TP PKK Hj. Khairatun Fauzan Khalid menyampaikan kegiatan yang dilaksanakan hari ini merupakan 10 program kerja PKK tahun 2022. Hj Khairatun mengatakan bahwa tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas Ketua dan pengurus TP PKK Desa/Kelurahan Se Lombok Barat. Selain itu ia juga mengatakan bahwa hal ini merupakan salah satu inovasi yang dapat menjadi penyemangat bagi seluruh tim penggerak PKK dalam melaksanakan kegiatan PKK. “Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan Ketua dan pengurus TP PKK Desa/Kelurahan agar dapat melaksanakan berbagai program PKK dengan baik di daerah masing masing” ujarnya.

Hj Khairatun mengatakan bahwa kegiatan tersebut sudah pernah dilaksanakan sebelumnya. Kegiatan kegiatan tersebut merupakan program PKK yang masuk dalam 10 program pokok PKK seperti Lomba cerdas cermat, Lomba paduan suara, Lomba sosialisasi PAAR ( Pola Asuh Anak dan Remaja) . Namun karena adanya covid-19 dan gempa kegiatan ini terpaksa ditunda beberapa waktu karena situasi yang tidak mendukung. Kegiatan tersebut dapat dilakukan kembali tahun ini. Karenanya ia berharap kepada semua peserta dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk memberikan yang terbaik sehingga dapat meningkatkan kemampuan dan kapasitas. “Adapun lomba yang diadakan kali ini adalah lomba pidato ibu-ibu tim penggerak PKK dari beberapa Desa yang bertemakan Narkoba dan berbagai tema lainnya. Kemudian dilanjutkan dengan lomba inovasi Pengelolaan Sampah, Lomba bercerita dengan Suara Nyaring dan Lomba-lomba yang lainnya yang melibatkan perwakilan desa desa yang ada di 10 Kecamatan dan 2 Kelurahan” ujarnya.

Selain itu dalam.kesempatan ini TP PKK Lobar juga bekerja sama dengan pihak BNN Provinsi NTB demi memberantas Narkoba dikalangan masyarakat Kabupaten Lombok Barat. Hal ini dilakukan melalui kegiatan kegiatan penyuluhan dan lomba pidato. Diharapkan dengan Lombo ini tim Penggerak PKK Desa mengetahui bahaya narkoba dan dapat mensosisliasikan kepada masyarakat. Selain itu Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan kemampuan dari para pengurus Tim Penggerak PKK Desa/Kelurahan agar dapat menjalankan program dengan sebaik-baiknya untuk hasil yang maksimal. “Menjadi penyemangat kita dan menjadi motivasi kita untuk melaksanakan semua 10 Program Pokok PKK. Ini semua untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas tim penggerak PKK di Desa/Kelurahan” ujarnya.

Dalam Lomba ini sejumlah tema disampaikan dalam Lomba pidato kali ini. Tema tema tersebut diantaranya mengenai narkoba, pernikahan dini dan materi lainnya. Kedepannya Ketua TP PKK Lombok Barat berharap agar ketua dan pengurus TP PKK Desa/Kelurahan dapat menyampaikan materi-materi tersebut dengan baik kepada warga di wilayahnya terutama kepada remaja.
Hj Khaeratun mengatakan bahwa materi pengarahan tersebut bisa disalurkan di area posyandu, dikarenakan di area tersebut merupakan area tempat masyarakat melakukan aktivitas mengenai pemberdayaan. Hal tersebut snagat perlu untuk dilakukan agar dapat memaksimalkan fungsi dan peran keluarga dalam berbagai sektor kehidupan baik agama, pendidikan, ekonomi, sosial dan sektor lainnya. “Diharapkan siapapun yang menang bisa memberikan sesuatu yang terbaik untuk program tersebut dan semua peserta yang mengikuti Lomba tersebut sudah sangat baik dan bagus dalam penyajian materi dan isinya. Semoga membawa perubahan terbaik kedepannya”Ujarnya. (Diskominfotik/jn/fery)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed