UNICEF Perwakilan NTB-NTT Minta Prokes 3M Tetap Digalakkan Dalam Pencegahan Covid-19

Mataram. Suaragirimenang.com – Lokakarya Pengelolaan Monitoring 3M dan Pendataan Hasil Monitoring 3M Untuk Pemerintah Desa Di Provinsi NTB dilaksanakan di Hotel Fave Mataram pada hari Kamis (30/6/2022). Hadir dalam kesempatan ini Rostia La Ode Kepala Kantor UNICEF Perwakilan NTT-NTB, Kabid Kesmas Dikes Provinsi NTB Hj. Tuti Herawati, Penanggung Jawab YKMI NTB Yuni Erawati, Kepala OPD serta Perangkat Desa dan Kader Posyandu Kab. Lombok Barat, Lombok Utara dan Lombok Timur.

Kepala Kantor UNICEF Perwakilan NTT-NTB Rostia La Ode via daring menyampaikan bahwa hak-hak anak harus tetap terjamin selama masa pandemi Covid-19. Hal ini dapata dilakukan dengan menjaga protokol kesehatan 3M yakni mencuci tangan dengan sabun, memakai masker dan menjaga jarak baik di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. “Kita perlu untuk selalu memastikan bahwa anak-anak kita haknya tetap terjamin selama masa pandemi Covid-19 ini” jelasnya.

Rostia La Ode mengharapkan semua elemen Pemerintah untuk terus meningkatkan kolaborasi untuk tetap menggalakan prokes 3M. Kolaborasi ini sangat penting dilakukan dalam menangani pandemi Covid-19. Masing masing dinas seperti Dinas Kesehatan, DPMPD dan Dinas Kominfotik Provinsi/Kabupaten harus terus berkolaborasi dalam menerapkan protokol kesehatan. Salah satu bentuk kolaborasi terebut seperti melaksanakan kegiatan pelatihan sanitarian di Kabupaten Lombok Barat, Lombok Utara dan Lombok Timur. Diharapkan kolaborasi dan pelatihan yang dilakukan dapat menghasilkan satu data yang akurat untuk disampaikan kepada masyarakat. “Kami mengharapkan kepada kita semua baik Dikes, DPMPD dan Diskominfotik untuk terus berkolaborasi dalam berbagai kesempatan agar target target dalam menangani Pandemi covid19 dan sektor kesehatan lainnya dapat tercapai sesuai dengan indikator yang ada,”tegasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB yang diwakili oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Hj. Tuti Herawati meminta semua masyarakat untuk konsisten menjaga protokol kesehatan 3M dalam melaksanakan berbagai kegiatan. Hal ini menurutnya sebagai salah satu langkah efektif dalam mencegah penularan dan penyebaran Covid-19. Hal ini tentu memudahkan kontrol dan pengawasan dari instansi terkait dalam penanganan covid19. “Kontrol dan pengawasan akan dengan sangat mudah dilaksanakan apabila kita semua istiqomah dan tetap berikhtiar menjaga kesehatan dengan tetap menerapkan prokes 3M dalam berbagai kesempatan,” jelasnya.

Baca Juga:  Banyak Anak Terpapar Covid-19, Butuh Kedisiplinan yang Ekstra dari Masyarakat

Sementara itu Yuni Erawati selaku penanggung jawab Yayasan Kemanusiaan Madani Indonesia (YKMI) NTB mengatakan bahwa kegiatan ini mendapat dukungan penuh sejak 2020 sampai sekarang dari UNICEF. Hal ini menjadi bagian penting dalam upaya mensosialisaikan berbagi pesan pesan kesehatan di masyarakat. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat melalui berbagai sosialisasi yang dilakukan. Selain itu pada kesempatan ini juga dibahas tentang pengelolaan data yang harus akurat dan sampai ke jenjang terbawah yakni Desa. Dalam kesempatan ini Yuni Erawati Penanggung Jawab YKMI mengapresiasi Dinas Kominfotik Kab. Lombok Barat dan Lombok Utara telah memiliki dashbord data desa yakni sistem aplikasi satu data. Ia berharap data tersebut dapat selalu diupdate dan disinkronkan sehingga data terbaru tetap tersedia. “Dinas Kominfotik Kab. Lombok Barat dan KLU sudah bagus pengelolaan data melalui aplikasi desanya, kami apresiasi langkah langkah yang dilakukan oleh Kominfo Lombok Barat dan KLU”jelasnya. (Diskominfotik/Hamzah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.