by

Diapresiasi Asprov PSSI NTB, Arbain Ishak Kembali Pimpin Askab PSSI Lobar

Asosiasi Kabupaten (Askab) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Lombok Barat menggelar Kongres Luar Biasa (KLB), Minggu (24/7). KLB itu digelar untuk memilih ketua Askab PSSI yang akan berakhir masa baktinya pada tanggal 30 Juli mendatang. Dalam KLB ini, H Arbain Ishak yang juga Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) kembali terpilih secara aklamasi menjadi ketua Askab PSSI Lobar.

Pihak Asprov PSSI NTB pun mengapresiasi program yang telah dilaksanakan Askab PSSI Lobar. Bahkan pihak Asprov akan menjadikan program yang diterapkan Askab PSSI Lobar sebagai role model atau percontohan bagi daerah lain di NTB. Ditemui usai KLB di salah satu Hotel di kawasan Senggigi, ketua Askab PSSI Lobar terpilih Arbain Ishak mengatakan dirinya terpilih secara aklamasi dalam proses pemilihan dari para voter. “Alhamdulillah untuk pemilihan ketua Askab PSSI Lobar, saya terpilih kembali secara aklamasi sebagai Ketua untuk masa bakti 2022-2026,”kata Arbain. Para pemilih jelas dia, menginginkan dirinya kembali memimpin Askab PSSI Lobar. Sehingga mereka berharap untuk terpilih secara aklamasi.

Harapan masing-masing voter yang berasal dari perwakilan klub-klub sepakbola di liga Askab Lobar, kedepan bagiamana pelaksanaan program dan kegiatan di Askab Lobar sama seperti yang sudah dilakukan bahkan lebih ditingkatkan lagi. Tentunya, pihaknya akan berupaya lebih meningkatkan lagi, sehingga itu menjadi salah satu alasan mengapa mereka memilihnya lagi untuk memimpin Askab. Bagiamana melaksanan tugas, karena dirinya disamping sebagai Ketua Askab, juga menjabat kadispora dan Sekretaris PSSI NTB? Sejauh ini pihaknya dalam melaksanakan tugas tidak ada kendala. Pihaknya berupaya membagi waktu sehingga program bisa berjalan, baik di dinas, Askab PSSI Lobar maupun PSSI NTB. “Di Dispora pun pak bupati berikan semangat, apalagi saat ini banyak even-even olahraga digelar di Lobar,”ujarnya.

Agenda kedepan, di Askab NTB pihaknya menyiapkan beberapa kegiatan diantaranya persiapan menghadapi Kongres, putaran liga III provinsi. Dan ia menjadi ketua panitia liga III provinsi yang akan segera digelar. Sedangkan di Askab PSSI Lobar, Pihaknya melanjutkan pelaksanaan liga III internal Askab, liga Soeratin dan menyiapkan Porprov. “Ini berat, ditengah kondisi anggaran yang cukup minim, kita membawa lima tim. Dan beban juga, tahun lalu kita Juara U 23 dan U 15, tahun ini paling tidak itu kita pertahankan,”ujarnya. Mengenai struktur pengurus Askab ada yang baru, karena dibentuk Anggota Komite Eksekutif (Exco). Dibagi tiga wilayah, yakni Lobar bagian tengah (Kecamatan Narmada, Labuapi, Kediri dan Kuripan), Selatan (sekotong, Lembar dan gerung) dan Utara (Batulayar, Gunungsari dan Lingsar). “Ini untuk membantu pelaksanaan tugas di lapangan,”ujarnya.

Sementara itu Sekretaris Askab PSSI Lobar M Munib menambahkan pemilihan ketua Askab dengan format seperti ini baru pertama kali dilakukan. “Dan format ini sesuai dengan kode pemilihan dan statuta PSSI,”ujarnya. Jumlah voter ini, sebenarnya 40 namun menjadi 39 orang karena ada yang diskualifikasi. “Dan teman-teman sepakat memilih pak haji Arbain sebagai Ketua,”ujarnya. Dalam kesempatan itu, hadir pula ketua PSSI NTB Mori Hanafi yang membuka KLB itu. Dimana ia menyampaikan apresiasi terhadap Askab PSSI Lobar. “Askab PSSI Lobar menjadi role model baik dalam hal kepengurusan, dalam menggelar liga internal Askab. Jadi sekarang beberapa daerah mencontoh apa yang dilakukan Askab PSSI Lobar,”jelas Mori.

Ketua Komite Pemilihan M Ramli mengatakan para voter atau pemilihan ketua Askab ini terdiri dari hasil liga Askab internal. Baik liga III, II dan liga I. Proses Pemilihan jelas dia, dimulai dari tahapan membuka pendaftaran calon. “Hanya satu calon yang mendaftar yakni H Arbain Ishak, sehingga pemilihan dinyatakan secara aklamasi,”jelasnya. Tahapan selanjutnya kata dia, dilakukan pelantikan. Namun belum tahu Kepastian kapan dilakukan pelantikan. Karena itu, perlu dibahas dengan pengurus lainnya. (Her)

News Feed