by

Situasi Keuangan Lobar Belum Membaik, Bupati Ajak Kepala OPD Optimis

Gerung. Suaragirimenang.com – Rapat Pimpinan II pada tanggal 28 Juli 2022. Kegiatan dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Lombok Barat dan dihadiri oleh Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid, Wakil Bupati Lombok Barat Hj. Sumiatun, Sekertaris Daerah Lombok Barat H. Baehaqi, para Asisten Daerah, Kepala OPD lingkup Kabupaten Lombok Barat serta seluruh Camat se-Kabupaten Lombok Barat.

Bupati Lombok Barat dalam sambutannya mengajakan semua masyarakat Lombok Barat untuk terus optimis dan berpikir positif. Hal ini memberikan energi positif bagi Pemerintah Daerah dalam melaksanakan pembangunan di Lombok Barat. Karenanya ia meminta semua kepala OPD untuk terus menebarkan semangat optimisme dalam berbagai kesempatan. “Saya mengajak kepada kita semua untuk terus optimis dan menebarkan semangat optimisme ke seluruh penjuru. Kita tidak boleh putus asa tentu harus diikuti oleh usaha dan ikhtiar”ujarnya.

Bupati dua periode ini mengatakan bahwa memang situasi keuangan dan fiskal daerah saat ini masih belum membaik. Hal ini karena pemerintah pusat belum memberikan kuota maksimal bagi Pemerintah Daerah. Namun situasi ini tidak boleh membuat semua pihak menjadi pesimis karena situasi ini tidak menutup kemungkinan juga dialami oleh Pemerintah Daerah lain bahkan bisa jadi lebih parah. Sehingga ia mengajak kepada semua pihak untuk tetap optmis dan semangat dalam membangun Lombok Barat. “Situasi keuangan semua daerah saat ini hampir sama bahkan lebih parah dari kita karena situasi keuangan di pusat juga belum normal. Karenanya hal ini tidak boleh membuat kita menjadi pesimis, kita harus tetap optimis dalam membangun daerah kita” ujarnya.

Ia meminta semua OPD untuk berinovasi dan kreatif dalam membangun Lombok Barat. Situasi saat ini tidak boleh menyebabkan pembangunan menjadi tertunda atau terkendala karena keterbatasan anggaran. Ia mengatakan semua OPD harus berinovasi seperti yang dilakukan oleh sejumlah dinas yang tetap berkegiatan dalam situasi saat ini. Bupati fauzan sangat mengapresiasi Diskominfotik karena telah mengadakan program SENIN KITA (Sekolah Jurnalistik dan Kajian Berita) serta dinas kesehatan dan dinas lainnya yang terus berinovasi ditengah keterbatasan anggaran. “Kami apresiasi OPD OPD yang terus berionovasi. Seperti Dikes, PPBJ dan diskominfotik dengan SENIN KITA. Dengan adanya program SENIN KITA ini kita berharap semua OPD dapat menulis berita untuk kegiatan yang mereka laksanakan, sehingga pemerintah pusat dapat lebih perhatian terhadap perkembangan Lombok Barat,” jelasnya.

Ia juga menyampaikan bahwa pada tahun 2024, Pemda Lobar telah menargetkan untuk mencapai angka Stunting hingga 14%, tetapi akan lebih bagus lagi jika dapat mencapai satu digit angka persentase pada tahun 2024 mendatang. Dibutuhkan berbagai langkah dan inovasi dalam mewujudkan target ini “Tentunya dalam mewujudkan ini dibutuhkan kerjasama antar semua OPD, misalnya Dinas Kesehatan mengkoordinasikan kepada semua OPD untuk mendonasikan satu buah telur/minggu/ASN dan dengan adanya program ini sangat diharapkan dapat membantu pemenuhan gizi ibu dan anak,” tambahnya.

Bupati dua periode ini juga berharap agar seluruh OPD di Lombok Barat dapat membeli dan menggunakan produk lokal yang dibuat oleh masyarakat Lombok Barat. “Dengan semakin banyaknya pembelian produk lokal ini tentunya dapat membantu dalam meningkatkan ekonomi di Lombok Barat, sehingga PAD kita pun dapat meningkat,” tegasnya.

(Diskominfotik/Tim IKP).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed