by

Pemda Lobar Dorong Desa Besarkan BUMDES

Labuapi, Suaragirimenang.com – Peresmian BUMDES Mandiri Sejahtera Desa Bagik Polak Barat Kecamatan Labuapi ditandai dengan pemotongan pita oleh Kepala Dinas Pemberdayaan dan Pemerintah Desa (PMD) Lombok Barat Hery Ramdhan. Kegiatan ini dilaksanakan di kompleks pertokoan Jogot Madani Desa Bagik Polak Barat, Kecamatan Labuapi. Rabu, 10/08/22. Hadir dalam acara terebut, Kepala Dinas PMD Hery Ramdhan, Kepala Desa Bagik Polak Barat Jauhari Makmum, para perangkat desa, serta Ketua Forum Komunikasi Desa Bagik Polak Barat dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid yang diwakili oleh Kepala Dinas PMD Hery Ramdhan menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Desa Bagik Polak Barat atas inovasi yang dilakukan dalam membangun Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Ia mengatakan bahwa inovasi ini merupakan salah satu langkah tepat dalam memberdayakan masyarakat. Selain itu keberadaan Bumdes tenru diharapkan dapat manjadi salah satu langkah dalam meningkatkan PADes. “Inovasi ini luar biasa dan diharapkan dapat meningkatkan PADesa. Namun Pemdes harus tetap memperhatikan sejumlah hal penting terkait dengan implementasi dan pelaksanaan kegiatan Bumdes harus memberikan dampak atau hasil sesuai dengan misi yang diharapakan dan Bumdes harus merangkul UKM yang ada desa tersebut, serta tidak mematikan usaha kecil yang ada di Desa Bagik Polak Barat”ujarnya.

Selain itu dalam melaksanakan kegiatannya diharapkan agar Pemdes setempat untuk segera membuat Akte sebagai bukti Legalisasi Izin Usaha. Kepala PMD menyampaikan bahwa pihaknya siap untuk membantu pembuatan akte dan izin. Selain itu ia juga menghimbau kepada seluruh masayarakat terutama para perangkat desa untuk mengutamakan BUMDES sebagai tempat berbelanja kebutuhan. “Mari kita besarkan Bumdes kita agar memberikan kontribusi bagi desa” ujarnya.

Hery Ramdhan menambahkan agar seluruh elemen masyarakat terutama para perangkat desa agar mengutamakan BUMDES sebagai tempat untuk mencari kebutuhan pokok, karana dengan ini nantinya diharapkan untuk dapat meningkatkan pendapat bumdes. Sehingga nantinya pemdes diharapkan dapat mandiri dan tidak tergantung pada transfer dana baik dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.
“saya berharap agar semua masyarakat terutama perangkat desa untuk mendukung inovasi desa dengan cara berbenja kebutuhan pokoknya di BUMDES ini”, ujarnya.

Sementara itu dalam laporanya Kepala Desa Bagik Polak Barat Jauhari Makmim menyampaikan rasa syukur dan terimakasih kepada pemerintah daerah karena sudah meresmikan dan mendukung BUMDES Bagik Polak Barat sebagai pusat berbelanja kebutuhan pokok masyarakat setempat. Dimana dalam PP No. 11 tahun 2021 telah diwajibkan bagi seluruh desa untuk memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDES). Lebih lanjut ia mengatakan terkait sumber dana sebesar 50 juta rupiah yang bersumber dari Dana Desa (DD), dengan harapan kedepanya akan lebih dimaksimalkan sesuai dengan saran dari Kadis PMD agar dapat mengalokasikan 10 persen dana utk Bumdes. Ia mengatakan bahwa Bumdes Mandiri Sejahtera ini nantinya juga akan bergerak dibidang usaha sembako atau kebutuhan pokok lainya. Ia juga berharap memberi dukungan penuh dari Pemda dalam bentuk kerjasama dengan perusahaan yang bergerak di bidang produk snack dan minuman. “Kami berharap pemerintah daerah memberikan dukungan untuk bekerjasama dengan perusahaan yang menjual pruduk snack dan minuman”, jelasnya.

Selain itu ia juga menyapaikan 115 dari peserta yang hadir saat ini ialah peserta penerima BLT yang tiap bulanya menerima BLT dalam bentuk uang tunai sebesar 300 ribu rupiah perbulannya. Karenanya ia menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat terutama masyarakat penerima BLT dan para perangkat desa agar berbelanja di BUMDES Mandiri Sejahtera Bagik Polak Barat sebagai bentuk dukungan dalam membesarkan Bumdes. “Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat terutama peserta penerima BLT dan para perangkat desa, seperti Ketua RT, Kadus, BPD dan perangkat desa lainya agar dapat berbelanja di BUMDES” tutupnya.

(Diskominfotik/ Juan, Feri, Windi)

News Feed