by

BAZNAS Lombok Barat Distribusikan Zakat, Infaq dan Sedekah Hampir 1 Miliar

Lombok Barat. Suaragirimenang.com – Badan Amil Zakat (Baznas ) Lombok Barat melaksanakan pentasarrufan atau pendistribusian zakat,infaq dan sedekah kepada ratusan penerima bantuan dari berbagai kelompok mustahik ( penrima zakat ) yang berlangusng di bencingah agung Lombok Barat, senin (15/0/22).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Lombok Barat H . Fauzan Khlaid , Wakil Bupati Lombok Barat Hj.Sumiatun ,Sekda Lombok Barat H. Baehaqi, Ketua Baznas Lombok Barat Tgh Muhammad Taisir Al-Azhar, Kapolres Lombok Barat,Ketua MUI Lombok Barat Tgh Abdullah Musataf, Ketua FKUB Lombok Barat Tgh Buya Subki Sasaki, Anggota Forkopimda dan tamu undangan lainnya serta ratusan penerima bantuan.

Sebelum pemberian bantuan dilaksanakan, ketua Baznas Lombok Barat Tgh. dalam laporannya  menyampaikan, bantuan yang di distribusikan dalam giat kali ini hampir 1 miliar . Tuan Guru merincikan Baznas membeikan bantuan kepada 7 unit masjid dengan menerima masing masing 10 juta dengan total 70 juta, kemudian 18 yayasan atau ponpes dengan total 10 juta , 35 unit musholla dengan total bantuan 175 juta, empat madrasah diniah dengan total 12 juta,1 majelis taklim sebanyak 3 juta , TPQ 40 unit dengan total 100 juta, 177 orang beasiswa S1 dengan total 177 juta,10 orang beasiswa S2 dengan total 25 juta, 7 orang beasiswa keluar negeri total 35 juta dan bantuan untuk Ekonomi kreatif sebanyak 8 kelombok , dengan total 81 juta rupiah.

“ Alhamdulillah dari total keseluruhan distribusi zakat,infaq dan sodekah yang kita salurkan hampir 1 miliar, jumlah rillnya yakni  sebanyak 858 juta rupiah“ Tegasnya

Dalam kesempatan tersebut pendakwah lulusan mesir itu menejelaskan, sesuai dengan instruksi Baznas pusat bahwa ada lima stretching yang harus dilakukan di tingkat provinsi dan kabupaten kota yakni sretchig dalam bidang Pendidikan,kesejahteraan,Kesehatan, kemanusiaan dan bidang dakwah dan advokasi.

Ia menjelaskan Baznas Lombok Barat dalam melaksanakan kegiatannya menerapakan lima hal tersebut dalam setiap pendistribusian zakat , infaq dan sedekah lebih rinci Tuan Guru menjelaskan seperti bindang Pendidikan baznas memberikan beasiswa kepada ratusan mahasiswa baik S1,S2 hingga mahasiswa keluar negeri untuk mewujudkan Lombok Barat cerdas. Kemudian dibidang kesejahteraan baznas menyalurkan zakat yang bersifat konsumtif dan produktif untuk mewududkan Lombok Barat sejahtera. Selanjutnya dalam bidang Kesehatan, Bazanas hampir setiap hari membantu warga yang kurang mampu untuk berobat,bahkan cerita Tuan Guru baznas membantu pembiayaan kepulangan TKI yang meninggal dunia di Malaysia untuk di pulangkan ke Lombok Barat , bantuan tersebut dalam rangka menuju Lombok Barat sehat. Kemudian bidang kemanusiaan, Tuan Guru menjelaskan baznas tetap menjadi yang terdepan apabila ada bencana yang terjadi untuk mewujudkan Lombok Barat peduli. Dan yang terakhir kata tuan Guru bantuan dibidang dakwah dan advokasi untuk mendukung pemda menuju Lombok Barat bertaqwa. Termasuk program peduli yang dilaksanakan oleh Baznas yakni bantuan rumah layak huni kepada 11 kk dengan biaya 35 juta per-unit rumah dengan total bantuan sebesar 400 juta rupiah.

Dan diahir laporannya, ketua Baznas menegaskan bahwa dimasa periodesasi kepemimpinanya, ia Bersama komisioner lainnyamengedepannya Baznas open Managemenet.

“Baznas Lobar open management. Karena setiap bulan selalu memberikan laporan, termasuk berapa yang masuk dan keluar. Dana yang masuk setiap bulan, baik yang datang melalui para asn kita,bumd,kepolisian,kemenag tidak ingin di mengendapkan lama lama. Siapa saja masyarakat yang membutuhkan dan sesuai dengan procedural Baznas tidak akan lama lama untuk mendostribuksikannya kepada masyarakat” Terang Tgh Taisir.

selain itu, ketua Baznas Lombok Barat mengajak kepada semua yang hadir untuk mendoakan para muzakki.

“Terimakasih kepada para muzakki, yang telah mempercayakan zakat nya melalui baznas Lombok barat. Dan kita doakan para muakki, selalu diberkahi hartanya oleh allh swt dan diganti dengan yang lebih baik baik di dunia dan akhirat” Ucapnya

Sementara itu, Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid dalam sambutannya, memberikan motivasi  dan harapannya kepada baznas agar lebih banyak lagi membuat inovasi dan kreatifitas untuk mencari mustahiq lebih banyak , sehingga semakin banyak dapat membantu masyarakat yang membutuhkan.

“Ini sudah kesekian kalinya baznas menyalurkan zakat kepada yang berhak. Kita ingin pengurus baznas bisa lebih inovatif lagi, kreatif lagi untuk mencari mustahiq,karena masyarakat kita masih banyak yang membutuhkan” Pinta Bupati

Fauzan menjelaskan, banyak potensi yang masih bisa dimaksimalkan seperti perusahaan local dan amil zakat lainnya termasuk perusahaan yang ada diluar.

“banyak potensi,misalnya perusahaan, terus melakukan komunikasi dengan amil zakat yang lain semisal lembaga amil zakat provinsi, nu, Muhammadiyah dan bahkan amil zakat perusaan yang ada diluar”ujarnya

Bupati menutup sambutannya dengan memberikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada baznas Lombok Barat.

“ saya menyampaikan ucapan terimakasih untuk kolaborasi dan kerjasama semacam ini, karena memang sangat kita butuhkan untuk maksimalikasi dari hasil apapun yang di programkan dan ingin kita kerjakan” Tutur Bupati

(Abd)

News Feed