by

Event Sengigi Cycling Day Bupati Lobar Ajak Masyarakat dan Wisatawan Nikmati Indahnya Pantai Senggigi dengan Bersepeda

Lombok Barat. Suaragirimenang.com – Keindahan alam dan Pantai di kawasan senggigi, Kecamatan Batulayar Kabupaten Lombok Barat tidak perlu diragukan lagi. Senggigi menjadi salah satu kawasan primadona di Pulau Lombok selain Mandalika. Untuk membangkitkan kembali geliat Pariwisata di wilayah Senggigi, Bupati Lombok Barat mengajak wisatawan domestik maupun mancanegara untuk menikmati olahraga bersepeda di kawasan wisata senggigi. Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid saat webinar atau forum dialog  bersama sejumlah Duta Besar Indonesia dan Bupati se NTB melalui zoom meeting, Kamis, 18 Agustus 2022.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Fauzan mengatakan bahwa senggigi memiliki pesona tersendiri bagi wisatawan. Keindahan alam berupa garis pantai yang membentang panjang dengan air yang bersih menjadi salah satu yang mempesona bagi wisatawan. Selain itu tersedianya fasilitas water sport seperti Jatsky dan banana boat serta Kano juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk tetap berkunjung ke senggigi. Pesona inilah menjadikan senggigi sulit untuk terlupakan. Bupati Fauzan juga mengatakan bahwa kelebihan lain yang dimiliki oleh senggigi adalah fasilitas hotel di kawasan pariwisata ini sangat terjangkau dan lengkap. “Mulai dari hotel bintang hingga melati ada di senggigi dan fasilitas hiburan juga tersedia dikawasan ini sehingga wisatawan akan merasa aman dan nyaman di kawasan wisata ini” ujarnya.

Selain memiliki pesona alam dan berbagai fasilitas tersebut, Pemerintah Kabupaten Lombok Barat ingin merangkai pesona alam  kawasan senggigi yang mempesona dengan kegiatan sport tourism seperti bersepeda. Hal inilah yang mendorong Pemkab bersama pelaku wisata menggelar Senggigi Cycling day. Selain menawarkan alam yang mempesona pemkab bersama pelaku wisata menawarkan wisatawan olahraga sehat atau bersepeda “Kombinasi keindahan alam, fasilitas memadai dan sport tourism ini menjadi daya tarik yang mempesona bagi senggigi. Karenanya saya mengajak semua wisatawan untuk hadir di hari minggu 21 Agustus 2022 untuk meluncurkan program ini yang akan tetap digelar setiap hari minggu” ujarnya

 Dalam webinar ini Bupati mengajak Duta Besar Indonesia untuk Turki dan Duta Besar Indonesia untuk Uni Emirat Arab untuk mempromosikan pariwisata Lombok Barat di Turki dan Uni Emirat Arab. Hal ini sebagai ikhtiar untuk meramaikan kembali kawasan senggigi pasca pandemi covid19. “Tentu kita berkolaborasi bersama semua pihak untuk memajukan pariwisata ini. Termasuk kita mengajak duta besar Indoneia untuk Turki dan Duta Besar Indonesia untuk UEA untuk berkolaborasi dalam mempromisikan dan meramaikan kawasan wisata senggigi” ujarnya.

Sementara Itu Kelala Dinas Kominfotik Lombok Barat Ahad Legiarto mengatakan bahwa even Senggigi Cycling Day sebagai salah satu langkah untuk memajukan kembali Pariwisata Senggigi. Pemda Berharap agar Pariwisata Senggigi dapat ramai kembali dan bangkit lagi sehingga ekonomi masyarakat dapat bergerak kembali. “Pemda berharap melalui Senggigi Cycling Day, pariwisata Senggigi kembali bangkit dan ekonomi masyarakat bisa bergerak dan bergairah kembali” ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa Senggigi Cycling day akan diluncurkan hari Ahad, 21 Agustus 2022 oleh Pelaku wisata bersama Pemerintah Daerah. Kegiatan Senggigi Cycling day akan start dari wilayah Tanjung Bias 1. Kemudian Finish di Pantai Mangsit. Bagi Masyarakat dan wisatawan yang ingin mengikuti kegiatan ini dapat memarkir kendaraannya di beberapa lokasi yang telah disiapkan seperti Kantor Camat Batulayar, restoran rembulan, pantai duduk, senggigi square, pantai kerandangan 1 dan kerandangan 2. “Jadi Panitia telah menyiapkan sejumlah lokasi untuk titik parkir. Kegiatan ini seperti sistem car free day yang berlangsung dari pagi pukul 06:00 hingga pukul 10:00. Selain kegiatan bersepeda di titik finish juga akan dimeriahkan oleh sejumlah kegiatan seperti atrakasi kesenian, senam bersama dan bazar UMKM. Tentu ini adalah ikhtiar kita untuk meramaikan pariwisata Lombok Barat” ujarnya.

(Diskominfotik/rif/pian/ria)

News Feed