by

H. Ilham : Desa Desa di Lombok Barat Terus Berinovasi

Gerung. Suaragirimenang.com – Berbagai Inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah Lombok Barat memberikan inspirasi dan motivasi kepada Pemerintah Desa untuk melakukan berbagai inovasi. Zalah satunya adalah Desa Beleke Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat. Kegiatan Launching Aplikasi Smart Desa Beleke dirangkai dengan acara tasyakuran Hari Kemerdekaan dan Penyerahan Santunan Kepada Masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Desa Beleke, Gerung pada hari Rabu (17/8/2022). Hadir dalam kegiatan Asisten III Daerah Lobar H. Ilham, Kepala Dinas Kominfotik Lombok Barat Ahad Legiarto, Sekretaris Dinas PUPR Lalu Sudiana dan Kepala Desa Beleke, Anggota DPRD serta sejumlah perwakilan OPD dan Masyarakat Desa Beleke.

Dalam sambutanya Asisten III Setda H. Ilham, S.Pd, M.Pd memberikan apresiasinya kepada Kepala Desa Beleka yang walaupun belum genap satu tahun menjabat, tetapi telah menghasilkan banyak prestasi maupun program program yang meningkatkan kesejahteraan kepada masyarakat Desa Beleka. Ia mengatakan bahwa berbagai terobosan dan inovasi yang dilakukan oleh Kepala Desa bersama perangkat desa menjadi faktor penting dalam pembangunan di desa. Ia mengatakan bahwa langkah langkah Pemdes dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat juga menjadi faktor penting bagi keberhasilan pemerintah desa. “Kami sangat mengapresiasi atas seluruh inovasi dan terobosan serta kerja keras yang telah dilakukan oleh kepala Desa selama ini, karena telah membuat masyarakat menjadi lebih maju dan sejahtera,” tegasnya.

H. Ilham juga menambahkan bahwa pada saat ini system pemerintahan telah banyak yang berubah, jika dulu pemerintah akan bertindak jika masyarakat melapor atau bergerak, tetapi sekarang pemerintah sudah tidak seperti itu lagi. Karenanya ia meminta dan mendorong agar seluruh desa di Lombok Barat dapat terus melakukan inovasi dan terobosan positif dalam memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. Hal ini tentu menjadi salah satu hal yang diharapkan oleh masyarakat desa agar memperoleh layanan maksimal dan efektif. “Kami tentunya terus memotivasi dan mendorong desa untuk terus berinovasi dan bergerak cepat dalam melayani masyarakat. Kami berharap agar desa terus memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat desa sehingga masyarakat semakin maju dan sejahtera”ujarnya.

Sementara itu Kepala Desa Beleka Islahudin, S.Pd menjelaskan bahwa ia memiliki visi misi untuk memberikan pelayanan cepat dan tepat bagi masyarakat Beleka. Pelayanab itu baik dalam administrasi kependudukan ataupun dalam bidang kesehatan. Karenanya berangkat dari visi dan misi tersebut ia menginisiasi lahirnya aplikasi Smart Desa Beleke. Aplikasi ini menurut Kepala Desa sebagai langkah maju untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat. “Tentu aplikasi ini diharapkan dapat memudahkan warga dalam mengurus administrasi kependudukan sehingga warga tidak sulit lagi dalam mengurus adminduk. Ini adalah salah satu visi misi kami saat mencalonkan diri sebagai kepala desa beleke”ujarnya

Kepala Desa Beleke menyampaikan semenjak wabah COVID-19 menyerang Indonesia, banyak warga desa Beleka yang kehilangan lapangan pekerjaan mereka dan bahkan banyak juga yang kehilangan keluarga. Karenanya pada pada kesempatan ini ia terus berupaya memberikan bantuan kepada masyarakat. Hal ini untuk meringankan beban masyarakat desa beleke. “Oleh karena itu, kami pada malam ini juga akan memberikan beasiswa kepada 25 orang anak yang berekonomi kurang mampu agar pada HUT Kemerdekaan RI ke-77 ini kita harus bangkit untuk maju dalam membangun desa maupun mensejahterakan masyarakat,” tegasnya.

Kades muda ini juga menyampaikan dan menguraikan berbagai keberhasilan yang diperoleh selama memimpin desa Beleke. Ia mengatakan bahwa tahun 2015 status desa Beleke turun menjadi Desa Berkembang. Untuk meningkatkan status tersebut ia bersama seluruh perangkat desa dan masyarakat berkolaborasi dalam meningkatkan starus desa menjadi mandiri. Namun tahun 2022 ini desa beleka hanya mampu menjadi desa maju karena salah satu variabel penilaian yaitu sektor kesehatan belum terpenuhi secara menyeluruh. Ia yakin di tahun 2023 Desa Beleke dapat menjadi Desa Mandiri. ” Tentu ini harapan kita semua agar desa beleka menjadi desa mandiri. Perlu kerja keras dan kolaborasi untuk meraih status tersebut”ujarnya.
(Diskominfotik/Angga/Dhea)

News Feed