by

Senggigi Cycling Day (SCD) Diluncurkan, Wisata Senggigi Mulai Ramai

Senggigi. Suaragirimenang.com – Diskominfotik – Tumpah ruah ribuan pesepeda mengikuti kegiatan Senggigi Cycling Day (SCD) atau Hari Senggigi Bersepeda di Kawasan Wisata Senggigi, dilepas langsung oleh Bupati Lombokb Barat, H. Fauzan Khalid di Kecamatan Batulayar, Kabupaten Lombok Barat, Minggu (21/8/2022).

Para pesepeda yang berasai dari berbagai komunitas dan dari berbagai daerah ini melewati rute 10 kilometer. Mulai dari Tanjung Bias Desa Senteluk menuju dusun Mangsit Desa Senggigi. Selama perjalanan, pesepeda dapat menikmati pemandangan kawasan Senggigi yang begitu indah. Selain itu, disuguhkan juga atraksi kesenian yang ditempatkan di beberapa titik strategis untuk menyemangati para peserta Senggigi Cycling Day tersebut.

Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid dalam sambutannya, kegiatan ini merupakan launching event yang diinisiasi oleh Pemkab Lobar. “Kita launching sebuah kegiatan yang kita namakan Senggigi Cycling Day atau hari Senggigi Bersepeda,” katanya.

Event ini diadakan dengan harapan kedepan Pemkab menyediakan ruang seluas-luasnya bagi siapapun yang ingin bersepeda sambil berwisata di kawasan Senggigi antara pukul 06.00-09.00 Wita setiap hari Minggu. “Sekali lagi ini sekaligus sebagai pengumuman dan undangan, kami Pemda Lobar bekerjasama dengan pelaku wisata yang ada di Senggigi memberikan ruang seluas-luasnya kepada masyarakat yang hobi bersepeda, olahraga sekaligus berwisata untuk memanfaatkan ruang itu”ajaknya.

Lebih lanjut ia mengatakan, konsep dari kegiatan ini sama dengan car free day atau hari bebas berkendara. Namun di Senggigi, diadakan Senggigi bersepeda pada hari Minggu mulai pukul 06.00-09.00 pagi. Kegiatan ini menyebabkan pariwisata Senggigi Mulai Ramai lagi. Hal ini sesuai dengan Harapan Pemkab Lombok Barat agar kawasan wisata senggigi dapat ramai kembali dan akan menggerakan semua sektor. “InsyaAllah mulai hari Ahad hingga tiga Minggu kedepan, Pemkab Lobar akan tetap mensupport kegiatan ini. Selanjutnya, kami serahkan kepada para pesepeda. Silahkan manfaat kegiatan ruang seluas-luasnya,”ujar bupati.

Sementara itu, di tempat yang sama Kepala Dinas Pariwisata Lobar H. M Fajar Taufik menambahkan, sesuai arahan Bupati event SCD ini akan dilanjutkan lagi dikawal oleh Pemkab Lobar bersama Asosiasi Senggigi Hotel dan pengusaha hiburan yang ada di kawasan Senggigi.

“InsyaAllah Minggu depan tanggal 28 Agustus kita gelar lagi, titik star di Tanjung Bias, finish di Sea View Aruna Senggigi. Ini terbuka untuk umum dan gratis,”jelas Taufik. Ia juga menambahkan, pada kegiatan ini mendapat sambutan hangat dari berbagai pihak. Ia berharap agar kegiatan kegiatan ini dapat membangkitkan wisata Lombok Barat. Sehingga melalui event ini, diharapkan kawasan wisata Senggigi biar semakin ramai. Namun demikian pihaknya akan terus melakukan sosialisasi lagi.

Pihaknya sendiri akan melakukan evaluasi pelaksanaan pertama ini dengan Satlantas Polres Lobar, karena sempat terjadi kemacetan. Pihaknya akan berkoordinasi lagi dan membahas permasalahan-permasalahan yang terjadi pada kegiatan pertama ini, sehingga kedepan tidak terjadi kemacetan.

Untuk kelanjutan event ini kedepannya, pihaknya berharap dari jajaran kades dan camat bisa menggerakkan masyarakat untuk bersepeda. Ia juga berharap warga luar meramaikan kawasan itu dengan bersepeda sambil berwisata menikmati indahnya Senggigi. Ia menambahkan, Pemda berupaya terus membangkitkan Pariwisata Lobar, terutama Senggigi yang sepi dampak Pandemi. “Kami harapkan dengan event-event seperti ini pariwisata Senggigi lebih menggeliat,”harapnya.

Selain kegiatan funbike, Launching Senggigi Cycling Day ini juga diramaikan dengan kegiatan senam bersama, bazaar UMKM Lombok Barat serta penampilan sejumlah atraksi tari dan kreasi dari sejumlah sekolah-sekolah yang ada di Lombok Barat. Pemkab berharap agar kolaborasi semua pihak untuk meramaikan dan menghidupkan kawasan wisata senggigi dapat tercapai. (Diskominfotik/agg/Fiyan/Angga)

News Feed