by

Baznas Lobar  Jadi Pioner Penyaluran Bantuan Untuk Penderita AIDS

Lombok Barat. Suaragirimenang.com – Badan Amil Zakat (Baznas) dan Banjar Darma Praja Lobar , memberikan bantuan sembako dan uang tunai kepada 91   Orang Dengan HIV-ADIS ( ODHA) . Hal tersebut dalam rangka membantu dan mensejahterakan para penderita untuk memenuhi kebutuhanya karena keterbatasan fisik yang dimiliki. Kegiatan tersebut berlangsung di aula radio Suara Giri Menang Lombok Barat, rabu (28/9/22).

Hadir Bupati Lombok barat H.Fauzan Khalid,Ketua Baznas Lombok Barat Tgh. Muhammad Taisir Al-Azhar,Sekretaris KPA Lobar H.Junaidi,Kepala Dinas Perindag Lobar, undangan dan penerima bantuan.

Dalam  sambutannya Ketua Baznas Lombok Barat Tgh Taisir menyampaikan, bahwa ini merupakan kegiatan yang masuk dalam program kemanusiaan sebagai bentuk kepedulian Baznas untuk para penderita HIV -AIDS yang ada di Lombok Barat.

“ ini kita salurkan karena mereka memiliki keterbatasan peluang kerja dan income. Selain itu mereka juga termasuk dalam kategori mustahik sehingga tidak ragu dalam menyalurkan zakat dan termasuk dalam program kemanusiaan. “Ujar Ketua Baznas

Tuan Guru Menambahkan, dalam pelaksanaan kegiatan ini Baznas Lobar sebagai pioner untuk memberikan bantuan khusus kepada para penderita ODHA yang ada di Lombok Barat, bahkan di tingkat provinsi dan pusat.

“ Baznas ingin menjadi pioner dalam kegiatan ini, karena belum pernah kita dengar dilakukan baik di tingkat provinsi bahkan pusat “ tegasnya

Selanjutnya Bupati Lombok Barat H Fauzan Khalid, dalam kesempatan tersebut menyampaikan arahan dan memberikan motivasi bagi para penerima bantuan husus ODHA, untuk terus semangat dalam menjalani hidup, tidak pesimis karena kesalahan masa lalu, karena masih ada masa depan yang bisa diperbaiki.  

“Para Penderita HIV -AIDS tidak boleh pesimis dengan masa lalu yang pernah salah karena masih ada masa depan yang bisa diperbaiki” Kata Bupati

Fauzan menerangkan, kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah Lombok Barat melalu Lembaga Yang dikumpulkan dari zakat para PNS yang ada di Lombok Barat dan di salurkan melalui Baznas untuk muslim dan Darma Praja untuk hindu.

Buapati fauzan berharap kegiatan ini dapat dilakukan setip tahun, bahkan ia meminta untuk rutin dilakukan hingga dua kali dalam setahun.

“saya berharap kepada baznas dan Lembaga yang terkait untuk dapat mengagendakan kegiatan ini setiap tahun, kalau bisa dua kali dalam satu tahun dan saya rasa itu bisa” Pintanya

Sementara M, salah satu penerima bantuan untuk ODHA menyampaikan ucapan terimaksih dengan adanya program ini, mereka mengaku sangat terbantu.

“Program ini sangat bagus bagi kami yang memiliki keterbatasan, walaupun jumlah sedikit tapi sangat bermanfat buat kami. Karena keterbatasan kesehatan bisa membantu kami dan keluarga” Kata M

Selanjutnya ia berharap selain bantuan sembako, ODHA juga dapat diberikan bantuan berupa bantuan modal usaha sehingga bisa membuka usaha mandiri. Karena menurutnya bagi penderita HIV AID memiliki keterbatasan dalam mencari pekerjaan.

“selain kami difasilitasi kesehatan, kami berharap juga bisa diberikan bantuan modal usaha sehingga kami bisa mandiri”Pintanya

Dari  91 orang penerima bantuan, 60 orang diantaranta yang beragama islam di berikan oleh baznas , sementara sisanya 31 orang beragama hindu disalurkan oleh banjar darma praja . Selain sembako, ODHA juga mendapatkan bantuan berupa uang tunai masing masing sebanyak Rp. 250.000 ( dua ratus lima puluh ribu rupiah) .

(Abd)

News Feed